23.6 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

PAC PP Laksanakan RPPR Tegal

Kemang | Jurnal Inspirasi

Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila melaksanakan Rapat Pemilihan Pengurus Ranting Pemuda Pancasila (RPPR PP) Desa Tegal, Kecamatan Kemang Masa Periode 2021-2023 yang dilaksanakan di lingkungan Perumahan Candraloka Desa Tegal, Sabtu (27/2/2021).

Dalam kegiatan itu turut hadir Kapolsek kemang, perwakilan Danramil Kemang, Ketua MPC PP Kabupaten Bogor Yunus FBA, unsur dewan penasehat ranting, dan undangan, serta para ketua ranting se-Kecamatan Kemang dan Ciseeng.

Dalam sambutannya Ketua PAC  PP Kemang Asep Mulyadi menekankan kepada seluruh kader dan anggota Pemuda Pancasila Kecamatan Kemang  untuk  menjaga marwah Pemuda Pancasila yaitu penjaga dan pengaman.

“Serta pelaksana Pancasila sebagai idiologi bangsa, amanat UUD 45 sebagai konstitusi negara, dan keutuhan NKRI, agar kader dan anggota PP kemang bisa mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara,dan demi tertanamnya militansi dan rasa memiliki terhadap bangsanya dalam jiwa kader dan anggota Pemuda Pancasila,” kata Asep.

Pria yang akrab disapa Asep Tagor menjelaskan, ormas PP tidak serta merta langsung lahir begitu saja, tapi melalui proses yang panjang. Sejarah lahirnya PP pada pasca kemerdekaan Republik Indonesia dikatakan  saat itu dimana  masih terjadi beberapa kali prahara heroik adanya pihak dan kelompok yang tidak  puas dengan pemerintahan pusat kala itu.

Seperti pemberontakan PKI tahun 1948 di madiun, PRRI Permesta di Sumatra, Negara Islam (NI) di Sulawesi Tenggara, dan DI/TII di Jawa Barat yang semuanya untuk menggulingkan pemerintahan pusat dan mengganti idiologi Pancasila.

“Kemudian Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), para petinggi ABRI atau TNI AD, Jenderal A. Yani, Jenderal AH. Nasution, Jenderal Gatot Subroto, dan lainya melahirkan ormas Pemuda Pancasila untuk menjaga dan mengamankan Pancasila sebagai idiologi bangsa,” bebernya

Dengan sejarah yang panjang lahirnya ormas PP,  Asep Tagor berharap  kepada pengurus ranting untuk tetap menjaga marwah PP dan bisa membantu masyarakat seperti beberapa kali PAC PP Kemang telah mengalang dana untuk korban banjir dan konseling, dan saat pandemi ini ikut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan ikut kegiatan operasi yustisi di beberapa titik.

“Program lain yang sedang dijalankan adalah konsolidasi pelaksanaan RPPR seKecamatan Kemang di 8 desa dan 1 kelurahan dan harus rampung 1 bulan pada Februari 2021, RPPR yang sudah berjalan di 6 yaitu  Desa Parakan Jaya, Bojong, Kemang, Pondokudik, Pabuaran, dan Desa Tegal yang tersisa 2 desa, yaitu Jampang dan Desa Semplak Barat dan akan rampung  pada 28 Februari 2021,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles