Tahun 2024, RT dan RW Harus Lulusan SMA

0
40

Caringin | Jurnal Inspirasi

Kepala Desa (Kades) Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Asep Hudri, mengultimatum para Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) agar meneruskan jenjang pendidikan hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Hal itu ditegaskan Kades saat melakukan rapat tingkat pengurus RT dan RW di Aula Kantor Desa Ciderum, Selasa (23/2) siang.

Asep Hudri mengatakan, untuk tahun 2024 mendatang, Pemdes Ciderum akan membenahi sumber daya manusia (SDM) para RT dan RW agar melanjutkan pendidikan hingga jenjang SMA atau sederajat. “Kalau SDM pengurus meningkat, saya yakin Desa Ciderum akan maju dan berkembang pesat,” ungkapnya kepada wartawan.

Kades mengakui jika SDM para pengurus RT dan RW yang ada di Desa Ciderum, masih dibawah rata-rata atau hanya mengenyam pendidikan hingga jenjang SMP.  “Dari jumlah 46 RT dan 11 RW, yang lulusan SMA atau sederajat hanya beberapa persen saja. Selebihnya lulusan SMP,” ujar Asep Hudri yang akrab dipanggil Akep.

Akep menyatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Amanah Mandiri (Yapam) untuk meningkatkan SDM pengurus. “Melalui lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan itu lah, para RT dan RW belajar lagi dengan mengikuti program paket C,” jelasnya.

Sementara, Ketua RW 05, Dudih menyambut baik terhadap kebijakan Kades Ciderum yang akan membenahi SDM para pengurus melalui program paket C bersama lembaga pendidikan tersebut. “Kebijakan ini sangat positif dan patut di apresiasi,” tegasnya.

Terkait jenjang pendidikan para pengurus RT, Dudih menegaskan, dari empat RT yang ada di wilayah RW 05, untuk jenjang pendidikan nya sudah SMA.  “Hanya ada satu RT yang masih lulusan SMP. Dan saya akan minta agar RT mau ikut program paket C,” imbuhnya.

Ketua Yapam, Maemunah menjelaskan, kerjasama yang dilakukan yayasan nya dengan pihak Pemdes Ciderum, sebagai bentuk kepedulian nya terhadap SDM warga maupun para pengurus pemerintahan, baik tingkat desa, RT serta RW.

Adapun untuk pelaksanaan program paket, lanjut Maemunah, baik itu paket A, B atau pun C, pada tahun ajaran pendidikan baru sudah mulai dilaksanakan. “Para RT dan RW yang akan ikut paket, awal ajaran baru sekarang sudah mulai di buka pendaftaran,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here