Maret, Jalan Lingkar Babakan Cipetir Pasirgintung Dibangun dari Dana Samisade

0
111

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Rencana pembangunan Jalan Lingkar Babakan Cipeutir Pasirgintung di wilayah RW 03 dan RW 07, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung dijadwalkan pada Maret mendatang menggunakan dana Samisade (satu miliar satu desa) dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Jalan areal pematang pesawahan blok sawah sepanjang ratusan meter telah dilakukan pengukuran ulang.

“Dalam waktu dekat ini jalan tersebut akan segera dilakukan pengerjaan,” kata Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna kepada Jurnal Bogor, Selasa (23/2).

Menurutnya, jalan yang menjadi target pembangunan telah dilakukan pengukuran ulang menggunakan alat digital sesuai pengajuan sepanjang 600 meter dan lebar 1,20 meter. “Melalui anggran Samisade sebesar Rp 395.000,000 berikut pembangunan puluhan meter tembok penahan tanah pada Jalan Lingkar  Babakan Cipeutir Pasirgintung,” tukasnya.

Sebelum dimulai, kata Ade,  terlebih dahulu jalan tersebut disurvei oleh satuan tugas khusus dari pihak Kecamatan  Nanggung. Secara teknis pelaksanaan, kata dia, telah dibentuknya panitia tingkat desa dengan melibatkan konsultan supaya pekerjaan itu sesuai yang diharapkan.

Ia menyebutkan, Camat Nanggung menjadi koordinator program Samisade yang dananya dari Pemerintah Kabupaten Bogor. “Di setiap rapat minggon pak Camat mengatakan, bahwa Pemerintah Desa harus segera mengajukan pencairan untuk pembangunan pada program Samisade,” ungkapnya.

Ketua LPM Desa Batutulis, Jaja Subagja  membenarkan kabar pada pelaksanaannya pada Maret mendatang melalui Program Samisade pada sektor pembangunan insfrastruktur yang jadi bagian dari pemberdayaan masyarakat ditengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung ini.

Pembangunan insfrastruktur melalui Samisade kata dia tentu sangat membantu masyarakat pada peningkatan program padat karya. Bahkan  sebagian warga ada yang sudah mengumpulkan bahan material berupa batu belah yang nantinya material tersebut akan dijual guna kelancaran pembangunan Jalan lingkar Babakan Cipeutir Pasirgintung.

Jaja Subagja yang biasa dipanggil Sanim yang baru dua bulan menjabat ketua LPM  di Desa Batutulis memaparkan,  pogram Samisade ini pengerjaannya melibatkan warga setempat. “Memanfaatkan sumber daya alam sekitar yang menjadikan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here