Dua Balita di Leuwisadeng Alami Gizi Buruk

0
54

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kecamatan Leuwisadeng  dan Pemerintah Desa Leuwisadeng serta pihak Puskesmas Sadengpasar menangani dua anak yang menderita gizi buruk. Kasi Pendidikan dan Kesehatan dari Kecamatan Leuwisadeng Engkos Kosasih menuturkan, hasil pengecekan kedua penderita gizi buruk tersebut adalah adalah Aulia L berusia 7 bulan warga Kampung Bantarjaya RT 05 RW 01 dan Muhamad Gojali berusia 9 bulan 29 hari warga asal Pasirawi RT 05 R 05, Desa Leuwisadeng.

“Kedua penderita gizi buruk ini sebelumnya  telah ditangani tenaga medis di Puskesmas Sadengpasar. Setelah itu menjalani perawatan dengan diberikan asupan gizi,” kata Engkos Kosasih kepada wartawan, Senin (22/2).

Menurutnya, pendataan bagi kedua anak penderita gizi buruk ini merupakan tindak lanjut untuk pengembangan warga kedepan agar terwujud Bogor Sehat. “Secara nyata semua harus terlibat untuk membantu kesembuhan kedua penderita gizi buruk tersebut,” ujar Engkos.

Sementara itu, bidan Desa Leuwisadeng Dewi Ratih Purnamasari mengatakan, penderita gizi buruk  atas nama Muhamad Gojali kini telah ditangani pihak RSUD Leuwiliang. “Sudah 6 hari Gojali dirawat di RSUD,” terang Dewi.

Sedangkan penderita gizi buruk yang bernama Aulia  sebelumnya telah ditangani di Rumah Sakit Hermina Bogor. “Aulia sebelumnya selama 2 bulan telah ditangani di RS Hermina. Kini Aulia dilakukan rawat jalan ke dokter spesialis anak,” ungkapnya.

Dewi menjelaskan, selain menderita gizi buruk kedua anak tersebut menderita TB paru, Aulia mengidap penyakit penyerta TB Milier, sedangkan Muhamad Gojali mengidap TB biasa. Ia menyebutkan, sejauh ini pihak keluarga Aulia berlatar belakang ekonomi keluarga mampu, maka itu Aulia dilakukan pengobatan  oleh keluarganya.

Sementara Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Ipit Patmawati yang selama ini mendampingi  penderita gizi buruk atas nama Muhamad Gozali, menuturkan, Gozali masih dalam penangan pihak RSUD dan belum dizinkan pulang. “Informasinya M.Gozali kesehatanya menurun, jadi belum diizinkan pulang oleh tim medis,” jelas Ipit.

Kabar M. Gozali diketahui menderita gizi buruk sekitar sudah satu mingguan dan sekarang ini diproses pembuatan BPJS. “Sudah direkomendasikan pihak Dinsos  untuk pembuatan langsung kartu BPJS PBI,” kata dia.

 ** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here