27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Camat Leuwiliang: Desa Punya Kesempatan Membangun dengan Samisade

Leuwiliang | Jurnal Inspirasi

Pasca Bupati Bogor Ade Yasin, mengucurkan dana bantuan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) masing-masing desa langsung melakukan persiapan titik yang akan dibangun. Namun, kondisi ini perlu perhatian khusus karena salah satunya tentang penggunaan anggarannya harus sesuai.

“Ini adalah sebuah kesempatan besar bagi kepala desa, untuk memanfaatkan berbagai ajuan yang utama infrastruktur. Namun, perlu juga diperhatikan tentang penggunaan anggarannya,” kata Camat Leuwiliang Daswara kepada wartawan kemarin.

Daswara meminta untuk melaksanakan Samisade secara aturan dan benar, baik dari sisi program maupun sisi pertanggung jawaban keuangan. “Ini adalah bagian daripada konsekuensi ketika pemerintah meminta supaya melaksanakan baik dan benar. Jangan sampai tidak sesuai ajuan awal,” tegasnya.

Daswara menjelaskan, bahwa ketika ada penyimpangan, program ini akan dihilangkan kalau tidak efisien dan efektif. Karena, anggaran sebesar itu perlu dimanajemen dengan baik agar sesuai peruntukannya. “Ini yang saya takutkan, ketika itu tidak dilaksanakan dengan benar dan berat  buat camat karena menjadi ujung tombak pengawasan pengendalian dan monitoring,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Desa Leuwiliang Iman Nurhaiman mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan pembangunan jalan desa dan jalan lingkungan serta peningkatan ekonomi masyarakat. “Tahap pertama kami akan sosialisasi dengan RT/RW tindak lanjut dan ketika anggaran sudah turun akan direalisasikan secepatnya, karena kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles