Pandemi Covid, Pengrajin Dus Kue Kebanjiran Pesanan

0
36

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Banyak cara untuk melakukan ide kreatif yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah di masa pandemi Covid- 19 seperti sekarang ini. Ide kreatif  ini muncul, salah satu kelompok usaha  home industry pembuatan kelipatan kotak kue The Harves dengan melibatkan  puluhan pekerja yang berasal  dari warga Kampung Bongas 1, RT 02 RW 05, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung

Dalam sehari mereka bisa menghasilkan ribuan dus kotak kue The Harves yang berukuran besar. “Pembuatan dus kue dan sudah berbentuk kotak  minimal per harinya bisa mendapat  3 ribu, maksimal 8 ribu dus,” kata salah satu pekerja pembuatan box dus kue Harvest Junaedi kepada wartawan, Rabu (17/2).

Sebanyak 40 pekerja, baik dari ibu rumah tangga maupun kalangan remaja, mereka bekerja sama membuat dus kue The Harvest. Pekerjaan yang ditekuni warga sekitar terbilang masih baru. “Baru tiga hari pekerjaan yang dirintisnya, lumayan pandemi begini ada pemasukan,” ucapnya.

Proses pengerjaan, kata pekerja lainnya Ableh, sesuai masing masing bagian mulai dari kelipatan hingga pemasangan tali. “Setelah itu sejumlah dus yang telah dibuat akan dikirim  untuk dilakukan proses pemasangan seutas tali,” terangnya.

Dus yang telah jadi, kata dia, sebelum dikirim ke pabrik daerah Senin, Jakarta, nantinya akan dilakukan pemasangan tali di Kampung Cidudut Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung. “Pemasangan tali dulu, baru dikirim ke Jakarta,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here