24.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Ade Yasin Launching Program Samisade di Desa Cipenjo

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan program bantuan keuangan infrastruktur desa yakni Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di halaman Kantor Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (17/02).

Ade Yasin menjelaskan, program bantuan keuangan ini untuk membangun proyek-proyek insfrastruktur atau meningkatkan integritasi dan koneksitivitas serta meningkatkan kualitas insfrastruktur. “Di tahun 2021 ini Pemkab Bogor sudah menganggarkan 311,8 miliar untuk membangun jalan ataupun jembatan di 349 desa, 38 kecamatan dan 532 titik,” jelasnya.

Ade Yasin menjelaskan bahwa program Samisade ini banyak ditunggu, demi meningkatkan ekonomi masyarakat desa.  “Karena dengan mulusnya jalan maka akses menuju objek pariwisata, sentra pertanian, sentra perekonomian lainnya, maka jalur distribusi pun tidak lagi menjadi hambatan. Jumlah anggaran, jumlah titik, jumlah desa dan jumlah kecamatan yang mendapatkan Program Samisade pada tahun ini bisa saja bertambah,” jelasnya.

Saat ini Pemkab Bogor kata dia, sedang merefocusing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tingkat II. “Kalau ada sisa anggaran, maka bisa saja kami menambah anggaran Program Samisade ini,” papar Ade Yasin.

Dia juga menuturkan, agar Program Samisade ini tepat sasaran oleh aparatur desa, maka pencairan, penggunaan dan laporannya harusnya diawasi oleh masyarakat, camat, inspektorat, kepolisian dan kejaksaan. “Karena program ini untuk masyarakat, masyarakat juga harus mengawasi. Tertangkapnya Kasi Pelayanan Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin oleh kepolisian harus menjadi pembelajaran agar tidak terulang lagi di Program Samisade,” tegas Ade.

Menurutnya, program ini selain meningkatkan insfrastruktur juga berfungsi untuk mengurangi angka pengangguran, memupuk kesetiakawanan maupun efek positif lainnya. “Dengan adanya Program Samisade, Pemkab Bogor mengharapkan menjadi stimulus kebangkitan ekonomi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Selain itu kita juga harus menggalakan kembali semangat kesetiakawanan dan gotong royong yang saat ini mulai memudar,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles