Camat Minta Tim Saber Pungli Turun ke Pasar Bogor

0
29
ilustrasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pungutan liar (pungli) yang terjadi terhadap ratusan pedagang kaki lima (PKL) malam di kawasan Pasar Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, rupanya mendapat perhatian dari Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid. Ia pun meminta agar Tim Saber Pungli segera turun ke lokasi untuk menindak pelaku yang sudah meresahkan warga.

“Saya sangat mendukung bila Tim Saber Pungli turun untuk menindak para pelaku. Saya juga sudah lama mendapat informasi soal adanya pungli itu dari pedagang,” ujar Wahid kepada wartawan, Selasa (16/2).

Bahkan, kata Wahid, saat salah satu tokoh masyarakat akan menegur pelaku, justru malah diintimidasi. “Ya, waktu itu ada yang coba menasihati, tapi malah dikejar dan diintimidasi,” ungkapnya.

Wahid mengatakan, bila sebaiknya para PKL masuk ke dalam Pasar Bogor untuk menempati los yang telah disediakan oleh Perusaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ). Dengan kejadian itu, kata dia, seharusnya dapat menyadarkan pedagang bahwa keberadaan mereka di jalan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Memang yang saya dengar perputaran uang disana sangat besar makanya kami sayangkan kenapa nggak masuk saja ke dalam. Kalau masuk di dalam pasar kan tak ada pungli, jualan lebih nyaman,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wahid juga mengapresiasi Polsek Bogor Tengah yang sukses mengungkap pungli di Pasar Bogor. “Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan polisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PDI Perjuangan, Ence Setiawan mengatakan bahwa nwgara harus hadir dalam melindungi warganya. “Kalau memang ada oknum yang melakukan pungli, harus ditindak, jangan pandang bulu,” katanya.

Ence menegaskan bahwa Presiden Jokowi selama ini terus menggaungkan revolusi mental, yang bertujuan mengubah sikap dan perilaku masyarakat. Selain berkomitmen memberantas pungli yang sudah lama mendarah daging.

“Atas dasar itu, saya mendorong Tim Saber Pungli untuk menindak tegas semua oknum yang melakukan pungli. Masyarakat tidak boleh takut, bila ada pelanggaran langsung saja laporkan. Saya yakin aparat keamanan akan langsung bertindak,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here