25.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Tinjau Banjir di Bojongkulur, Achmad Fathoni Cek Efektivitas Rumah Pompa

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Banjir lagi, banjir lagi. Itulah yang dialami warga perumahan Villa Nusa Indah, Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri, yang harus waspada di setiap musim penghujan tiba. Penasaran dengan kondisi di lapangan,  anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS Achmad Fathoni melakukan tinjau lapangan guna membantu menampung keluhan warga dan berkoordinsi dengan Pemerintah Desa Bojongkulur, Selasa (9/2).

Dalam kunjungannya, Achmad Fathoni langsung berkoordinasi dengan Camat Gunung Putri dan beberapa jajaran Pemdes Bojongkulur termasuk  Puarman Kahar, yang kemudian menuju ke Blok Anggrek yang merupakan lokasi yang paling tergenang.

“Coba mengecek kondisi warga yang sedang bersih-bersih rumah serta kondisi rumah pompa di RW 14 bersama Ketua RW Pak Arifin. Secara umum sangat membantu mempercepat surutnya banjir, tapi ada beberapa catatan terkait kondisi rumah pompa,” kata Achmad Fathoni.

Menurutnya ada beberapa catatan terkait rumah pompa, diantaranya dari setiap rumah pompa yang dibangun selalu ada hal yang tidak dilengkapi, ada   yang kurang penutup bak kontrol, mesin pompa kecil untuk pancingan ada yang tidak disediakan, Saluran eksisting sebagian tidak disambungkan ke bak kontrol tempat pipa sedot dipasang, sehingga air yang dipompakan tidak maksimal, kalaupun ada dibuat alakadarnya tidak sebanding dengan debit mesin pompa.

“Selain itu terkait serah terima kedesa dan RT atau RW kurang jelas, sehingga ketua RT dan RW yang mengelola tidak mengetahui dengan jelas spek dan aturan pemakaian, dan biaya operasional untuk pemeliharaan belum diatur, sementara ini masih memgandalkan iuran warga,” jelas Achmad Fathoni.

Selain mengecek kondisi pompa, dirinya juga melihat situasi Blok Y yang berada di sekitar Masjid Darussalam. “Bersyukur Alhamdulillahi robbil alamiin hanya sedikit yang tergenang. Terkait beberapa catatan kondisi 19 rumah pompa yang dibangun dengan APBD 2020 sekitar 3,8 M akan saya bawa saat rapat dengan PUPR. Semoga tidak banjir lagi,” pungkasnya penuh harap.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles