Melalui Samisade, Pemdes Cibuntu Bangun Jalan Penghubung

0

Ciampea l Jurnal Inspirasi

Warga Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea dengan sukarela menghibahkan tanahnya untuk pembukaan jalan yang merupakan jalur penghubung antardesa. Kepala Desa Ahmad Yani mengatakan, rencana pembukaan akses jalan akan menggunakan anggaran satu miliar satu desa (Samisade) dari Pemkab Bogor dengan panjang 1850 meter dan lebar 3 meter.

“ Lokasi pengerjaan jalan di titik ruas jalan Desa Kampung Gunungleutik RT 01 RW 03 Desa Cibuntu,” kata Ahmad Yani kepada wartawan, Selasa (9/2).

Menurutnya, pembukaan akses jalan ini adalah salah satunya jalur penghubung antara Desa Cibuntu dengan Desa Ciaruteunudik. “Keberadaan jalan tersebut sekaligus akses vital kedua wilayah kecamatan, yakni  Kecamatan Ciampea dan Cibungbulang,” jelasnya.

Perencanaan jalan tersebut atas dasar keinginan masyarakat yang sebelumnya telah diajukan pada tahun 2020 lalu. “Mudah-mudahan tidak ada hambatan pada 2021 ini,  pencanangan pembangunan jalan itu segera terealisasi,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan program pembangunan kata dia, dikerjakan tahun sekarang, dan pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan padat karya. “Nantinya, pemanfaatan jalan tersebut untuk menunjang peningkatan perekonomian bagi warga petani,” jelasnya lagi.

Menurutnya, dengan jalan itu aka nada peningkatan ekonomi masyarakat dari hasil bumi dan tidak menutup kemungkinan yang memiliki tanah, ketika jalannya telah terwujud  dipastikan harga jual tanah secara otomatis semakin meningkat. “Karena itu tadi yang paling utama adalah akses jalannya dulu, sudah terbangun,” tukasnya.

Dengan terwujudnya jalan, tambah Yani, jalan tersebut bisa bermanfaat untuk para pengunan jalan khusunya masyarakat setempat. Untuk itu, yani berharap kepada masyarakat  harus saling menjaga dan merawat ketika jalan baru itu sudah terbangun.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here