27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Kecamatan Leuwisadeng Ajukan Pasar Rakyat Agrobisnis

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) pada 2022 tingkat Kecamatan Leuwisadeng digelar secara virtual dengan zoom meeting, Kamis (4/2). Pada Musrenbang tersebut mencuat perlunya pasar rakyat agrobisnis.

Camat Leuwisadeng Rudi Mulyana menjelaskan, Kecamatan leuwisadeng mendapat pagu anggaran indikatif sebesar Rp 13 miliar, sementara usulan yang sudah masuk ke sistim informasi Pembangunan Daerah (SIPD) itu  Rp 18 miliar dan yang belum ke input juga sebesar Rp 18 miliar.

“Sebenarnya kebutuhan pengajuan dari Kecamatan Leuwisadeng itu sekitar 34 miliar jadi masih ada sekitar 20 miliar yang memang tidak teranggarkan, mungkin itu disitu berlaku skala prioritas,” paparnya.

Selain itu, Musrenbang ini juga membahas kantor kecamatan, prioritas peningkatan perekonomian UMKM dan pariwisata, serta mengenai pasar rakyat Leuwisadeng.

“Insya Allah pasar rakyat Leuwisadeng kita ajukan  untuk kegiatan terminal agrobisnis, jadi disitu dikemas. Sehingga itu akan lebih mahal, selama ini memang sudah terlaksana tetapi di gudang masing-masing kalo nggak salah, nanti kita arahkan,” ujarnya.

Ia berharap apa yang diinginkan bisa terpenuhi dengan anggaran yang ada karena itu riil kebutuhan masyarakat. “Usulan-usulan yang memang kita rekap di Musrenbang Desa sebelumnya sehingga itu menjadi skala prioritas kecamatan,” pungkasnya.

Sementara pada Musrenbang tersebut, mengingat masih pandemi,  peserta yang hadir pun dibatasi dan ada juga yang mengikuti dengan online. “Yang hadir di Musrenbang kali ini dengan tatap muka langsung sekitar 25 orang,” jelas Camat Rudi lagi.

Menurutnya, yang hadir itu terdiri dari para kepala desa, UPT, dan dinas-dinas terkait yang mengikut  menggunakan zoom meeting. “Dewan juga sebenarnya ada, jadi kita semuanya memantau,” imbuhnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Leuwisadeng  itu juga dihadiri Polsek, Koramil, dan Puskesmas.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles