Setelah di Tenjo, Kini Limbah APD Dibuang di Cigudeg

0

Cigudeg | Jurnal Inspirasi

Warga Kampung Cicere RT 02, RW 20 Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg digegerkan penemuan karung limbah APD yang diduga kiriman dari wilayah Tangerang bekas pasien Covid-19. Sampai saat ini kepolisian sektor Cigudeg masih melakukan pemusanahan dengan cara dibakar. Sebelumnya, Muspika Tenjo beserta tim kesehatan menemukan tumpukan limbah medis berceceran di tepi Jalan Raya Tenjo, Kampung Leuweng Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo.

“Untuk jumlahnya ada sekitar 55 karung, dan laporan masuk sekitar pukul 09.00 dan lokasi penemuan puluhan karung limbah APD berada di kebun kelapa sawit milik PTPVN 8,” kata Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi, kemarin.

Andi menjelaskan, bahwa penemuan puluhan limbah APD diduga berasal dari wilayah Kota Tangerang. Karena ada alamat hotel bekas pasien dirawat. “Kemungkinan dari Kota Tangerang, dan isi dari limbah APD ditemukan jarum suntik, botol infus, baju hazmat,” jelasnya.

Hal Senada diungkapkan Camat Cigudeg, Pardi. Awalnya ia mendapat laporan dari pihak PTPN 8 tentang adanya pembuagan sampah kemudian dirinya bersama pihak Kepolisian Sekror (Polsek) Cigudeg, Puskesmas dan UPT Kebersihan melakukan pengecekan ke lokasi itu.

“Ternyata kondisi yang ada merupakan sampah-sampah yang disinyalir merupakan limbah B3 dari salah satu tempat penampungan pasien Covid-19 karena kalau kita melihat ada banyak APD-APD yang dibuang,” kata Camat Pardi.

Dia menambahkan, telah telah keberjasama dengan pihak Polsek Cigudeg untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polres Bogor dan Satuan Gugus Tugas Kabupaten Bogor guna penyelidikan lebih lanjut.

“Untuk sementara kita police line supaya nanti besok dari Polres bisa melakukan penelitian apakah limbah-limbah ini bisa dibuang ketempat pembuangan sampah akhir atau harus melalui pembuangan khusus limbah B3,” pungakasnya.

** Cepi Kurniawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here