Limbah Perusahaan Semen Diduga Sebabkan Banjir dan Pendangkalan Saluran Drainase

0

Babakan Madang | Jurnal Inspirasi

Saluran drainase di Jalan Raya Babakan Madang, Desa Citaringgul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor mulai dangkal hingga kerap berakibat banjir lintasan. Hal ini diduga disebabkan oleh limbah PT Semen Indonesia Beton yang dibuang langsung ke saluran air tersebut.

Menurut salah satu warga setempat, Arifin(47) sudah sejak lama perusahaan tersebut membuang limbah semen langsung ke saluran drainase. “Ini sudah mendangkal sejak lama, air yang masuk tidak tertampung akhirnya meluap ke jalan,” ungkapnya, Rabu (3/2).

Meskipun hanya banjir lintasan, namun Arifin mengatakan, air tersebut acapkali menggangggu pengguna jalan. Ditambah kondisi jalan yang mulai terkikis sehingga rusak di beberapa bagian memperparah kondisi jalan tersebut.

Oleh sebab itu, dirinya meminta instansi terkait turun untuk memeriksa langsung kondisi saluran air tersebut dan melakukan penindakan jika pendangkalan memang disebabkan oleh PT Semen Indonesia Beton.

Sementara Admin Plan PT Semen Indonesia Beton, Ahmad Kurniawan saat dikonfirmasi mengatakan, permasalahan tersebut tengah dibicarakan di tingkat manajemen perusahaan. Meskipun begitu belum mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan atas mendangkalnya drainase tersebut. “Sedang dibicarakan, belum tahu lihat nanti hasil rapat,” kata dia.

Terpisah, Pengawas Jalan UPT Infrastruktur Jalan  dan Jembatan, Aep S mengaku telah mengetahui hal tersebut. Pihaknya pun pernah mengecek lokasi drainase tersebut. Pihaknya pernah melayangkan surat teguran ke PT Semen Indonesia Beton dan meminta pertanggung jawaban atas kondisi drainase tersebut.

“Kami belum cek kembali, nanti saya lapor ke pimpinan tindak lanjutnya bagaimana, apakah dilayangkan surat teguran kembali atau bagaimana,” tandasnya.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here