Pemkot Ajukan 600 Formasi CPNS

0
ilustrasi PNS

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kepala Bidang Formasi, Data dan Penatausahaan pada BKPSDA Kota Bogor, Aries Hendardi mengatakan bahwa kini Pemkot Bogor sedang mengusulkan formasi CPNS.

Aries berharap, jatah CPNS tahun ini untuk Kota Bogor dapat meningkat. Lantaran, apabila melihat penerimaan CPNS 2019 Kota Bogor hanya menerima 294 formasi. “Pada tahun kita mendapatkan jatah 294 formasi dan rencana tahun ini akan mengajukan 600 formasi,” katanya.

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa pemkot telah mengajukan usulan formasi CPNS dan PPPK sebanyak 600 formasi kepada Kementerian PAN-RB. “Komposisinya 300 CPNS dan 300 PPPK khusus tenaga pendidik. Itu untuk menambal kekosongan CPNS karena banyaknya ASN yang pensiun,” kata Dedie.

Dedie menuturkan, CPNS tahun ini akan berfokus kepada penerimaan tenaga pendidik. Karena, ASN yang akan pensiun tahun 2021 seluruhnya ada 361 orang dari jumlah ASN per Januari total 6803 orang dan sebagian besar dari 361 yang akan pensiun sekitar hampir 50 persen adalah tenaga pendidik atau Guru.

Lebih lanjut, sambung dia, untuk menunjang kualitas pelayanan, keberadaan pegawai dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) juga mampu menjaga pelayanan kepada masyarakat. Kedepan, kata Dedie, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lebih dibutuhkan, sebab dapat mencakup seluruh pelayanan. “Jadi PKWT itu masih konsep lama, kedepan PPPK akan dimajukan sesuai UU ASN,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here