Pelanggar PSBB Di Wilayah Caringin Mulai Berkurang

0

Caringin | Jurnal Inspirasi


Puluhan pelanggar PSBB di lokasi Checkpoint Satgas Covid-19 Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, tepatnya di pintu masuk Tol Bocimi, diberikan sanksi push up.

Anggota Satpol PP Kecamatan Caringin, Ahmadi mengatakan, sanksi tegas diberikan kepada pelaku pelanggar PSBB di musim Covid-19 ini, mulai dari push up, bersih-bersih jalan dan lainnya.

“Untuk hari ini (Kamis,red) ada sekitar 24 pelanggar PSBB. Mereka tidak menggunakan masker saat berkendara,” ungkapnya kepada wartawan.

Saat ini, Dari mulai pertama kali dilaksanakan PPKM di Kecamatan Caringin, lanjutnya, banyak ditemukan pelanggar PSBB. Namun, para pelanggar aturan Covid-19 itu, didominasi warga luar Kecamatan Caringin.

“Saat kita lihat KTP nya, banyak warga dari Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Cigombong, Cijeruk dan wilayah lain,” paparnya.

Setiap hari, sambung Ahmadi, ada penurunan yang signifikan terhadap warga pelanggar PSBB. Itu bisa dilihat dari jumlah pelanggar yang dilakukan petugas Covid-19 wilayah Caringin, saat melaksanakan operasi yustisi.

“Yang awalnya mencapai ratusan, sekarang paling juga puluhan. Dan itu sekali lagi kebanyakan yang terjaring bukan warga Kecamatan Caringin,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan operasi yustisi dalam rangka melaksanakan peraturan tentang PSBB dan merealisasikan PPKM, satgas Covid-19 Kecamatan Caringin yang terdiri dari unsur pemerintahan, Satpol PP, Polisi, TNI hingga anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, memberhentikan setiap kendaraan yang melintas.

“Baik kendaraan roda dua, empat, angkutan umum maupun pribadi, kita berhentikan dan dilakukan pengecekan,” imbuh Ahmadi.

Kegiatan operasi yustisi ini, kata Ahmadi, setiap hari dilakukan mulai dari pukul 09.00-11.00 WIB atau sekitar dua jam sampai batas waktu berlakunya PSBB yang saat ini diperpanjang hingga tanggal 8 Februari.

Selain dilakukan di lokasi jalan raya, persisnya didepan posko check point, kegiatan operasi yustisi juga intens dilaksanakan petugas Satgas Covid-19 wilayah Caringin ke sejumlah tempat keramaian atau rawan terjadinya kerumunan massa.

“Petugas juga ada yang ke Pasar Cikereteg, Pasar Caringin dan lokasi yang rawan terjadi kerumunan massa untuk melakukan operasi yustisi,” tukasnya

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here