Vaksin untuk Penyuntikan Kedua Tiba Kota Bogor

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sebanyak 9.160 vaksin Sinovac kembali tiba di Kota Bogor, Selasa (26/1/2021), dan telah disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Erna Nuraena mengatakan bahwa pengiriman vaksin itu ditujukan untuk penyuntikan kedua, bagi mereka yang telah divaksin dua pekan lalu.

“Ya, kita tahu bahwa vaksin ini harus diberikan sebanyak dua kali masing-masing 0,5 cc dengan jarak 14 hari. Insya Allah Kamis (28/1) kita sudah akan mulai vaksinasi lagi,” katanya kepada wartawan.

Erna menegaskan bahwa penyuntikan pertama bertujuan untuk mentriger, merangsang pertumbuhan, pembentukan serta mengenalkan tubuh untuk membentuk antibodi sendiri.

Sementara penyuntikan kedua, sambungnya, bertujuan mengakselerasi terbentuknya antibodi sampai pada titik tertentu yang cukup optimal agar dapat melindungi seseorang yang divaksin dari gejala yang berat.

“Yang perlu diingat adalah orang orang yang divaksin covid-19 ini bukan berarti tidak mungkin tertular atau tidak mungkin menularkan karena vaksin tidak mencegah orang tertular jadi apa konsekuennya orang yang sudah divaksin tetap harus melakukan 5M bukan berarti sudah divaksin kemudian bebas melepas masker tidak menjaga jarak dan segala macam,” jelasnya.

Sebab, kata dia, orang tersebut masih bisa tertular dan masih bisa menularkan ke orang lain. “Namun ketika dia tertular diharapkan gejalanya tidak berat karena dia sudah punya tentara buat melawan virus,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here