Warga Tangkap Ular Sanca Bodo di Selokan

0

Caringin | Jurnal Inspirasi

Ular Sanca Bodo sepanjang 5 meter dengan berat sekitar 15 kilogram ditangkap warga Gg Menteng Kampung Ciletuh, RW 02 Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu (24/1) pagi.

Ular yang berwarna coklat itu pertama kali ditemukan warga di sekitar selokan depan rumah H. Edeng.

Saat melihat ada ular, warga yang sedang berkumpul menangkapnya dengan menggunakan karung. Kodir, warga Kampung Ciletuh Gg Menteng mengatakan, kepala ular terlihat keluar di dalam selokan yang sebagian atasnya tidak tertutup. “Begitu melihat ada ular, saya dan warga lain langsung menangkapnya,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, untuk menangkap ular sebesar itu, tidak mudah dan membutuhkan waktu lama. Bahkan, saat akan ditangkap, ular mau kembali masuk kedalam selokan. “Teman saya dengan cepat menangkap ekornya. Dengan susah payah ular dikeluarkan dari selokan,” ujar Kodir.

Setelah ditangkap dan dibawa ke jalan, lanjut Kodir, kepala dan ekor ular tidak mau diam. Karena tidak ada yang berani langsung tanpa dilengkapi alat bantu, warga inisiatif membawa karung. “Ular akhirnya dimasukan kedalam karung,” imbuh Kodir.

Sementara, Ketua RW 02, Kamal Kelana mengungkapkan, Ular Sanca Bodo baru kali pertama ada di wilayahnya dengan ukuran besar. “Kemungkinan ular itu berasal dari Kali Ciderum, lalu naik ke darat,” paparnya.

Saat ini, ular Sanca Bodo itu diamankan di salah seorang rumah warga dan rencananya akan dijual. “Katanya sih akan dijual sama warga,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here