28.8 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Pengungsi Bencana Gunung Mas Mulai Kembali ke Rumahnya Masing-masing

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Para pengungsi berangsur-angsur kembali ke rumah mereka masing-masing meskipun pembersihan sisa material banjir bandang di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor masih terus dilakukan. Warga satu per satu mulai membersihkan rumah dan mencari  sisa barang yang masih bisa digunakan. Sementara tanggul penghalang air  juga sudah mulai dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Bogor.

Tatan, salah satu warga di RT 02 RW 02 berterimakasih atas bantuan yang diterimanya. “Kami korban banjir bandang  Kampung  Gunung  Mas  mengucapkan terima kasih atas  doa, bantuan materi dan non materi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bogor dan seluruh pihak. Kami sudah bisa kembali ke rumah,” ungkapnya.

“Pemerintah Kabupaten Bogor pun bergerak sangat cepat, semoga semuanya lekas bangkit.  Dan semoga ini menjadi berkah serta menjadi hikmah tersendiri bagi kami yang menerimanya,” tandas Tatan.

Warga lainnnya Cecep Supriadi, yang juga Ketua  RT 02 RW 02 Kampung Gunung Mas menjelaskan, sebanyak 1.026 jiwa dari 324 kepala keluarga sedang didata untuk dapat kembali ke kediamannya.  “Seluruh warga  RT 02 RW 02 hari ini semuanya sudah bisa pulang, sementara yang masih ada di wilayah zona merah banjir, karena rumahnya terdampak banjir  masih bertahan di pondok pengungsian PTPN  VIII,” ujar Cecep.

Sebelumnya, saat mengunjugi masyarakat terdampak bencana di Kampung Gunung Mas, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, kondisi di lokasi bencana banjir bandang semakin terkendali dan kondusif. “Sandang pangan aman, logistik sangat cukup, lokasi juga sudah bersih. Ada beberapa lokasi yang sudah bisa ditinggali kembali dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Ade Yasin.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles