Anniversary Lockdown, China Paling Berhasil Tanggulangi Covid-19?

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kota Wuhan, China adalah lokasi pertama yang mendeteksi adanya Covid-19. Semakin meningkatnya jumlah korban terinfeksi Covid-19, membuat pemerintah Wuhan memberlakukan kebijakan lockdown yang di mana masyarakat tidak diperbolehkan keluar rumah demi mencegah penularan lebih luas.

Tepat satu tahun lalu lockdown di Wuhan China setelah meningkatnya jumlah masyarakat yang terinfeksi Covid-19. Sebagai lokasi pertama yang mendeteksi kasus Covid-19, tentu China khususnya Wuhan dianggap lebih berpengalaman dibandingkan kota di negara-negara lain. Lantas, berhasilkah China dalam menanggulangi Covid-19?

Kebijakan lockcdown di China terbilang keras dan tegas. Semua kegiatan masyarakat sangat dibatasi. Meski demikian, pemerintah China tetap melanjutkan kebijakan tersebut.

Jika melihat data resmi pihak medis, kasus positif dan kematian akibat Covid-19 di China relatif rendah. Dikutip dari BBC.com, hanya terdapat kurang dari 100.000 kasus positif. Jumlah kematian akibat Covid-19 di negara itu mencapai sekitar 4.800.

Setelah lockdown gelombang pertama, data kasus positif di China cenderung datar. Hal ini membuat banyak pihak menuding China tidak memasukkan data kasus positif tanpa gejala.

** Muhammad Farhan Faisal [MG/Unp-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here