27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Longsor Sumedang Tewaskan 32 Orang dan 8 Masih Hilang

Sumedang | Jurnal Inspirasi

Tim SAR gabungan menemukan 32 korban tewas dan 8 orang lainnya masih hilang pada peristiwa bencana longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan, jumlah tersebut diperbarui setelah adanya tiga korban tambahan yang ditemukan, Minggu (17/1).

“Sejauh ini pencarian masih terus dilanjutkan dengan menggunakan sejumlah peralatan. Adapun pencarian dibagi ke empat sektor, mulai dari perumahan warga, lapangan, hingga area yang diduga tertimbun banyak korban,” kata Deden Ridwansyah.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB merilis sementara data warga yang mengungsi, tercatat sebanyak 1.020 jiwa. Pengungsian dibagi beberapa titik: Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat yang aman dari potensi longsor. Pada Sabtu (9/1) lalu tanah longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Sumedang sekitar pukul 16.45 WIB. Selang beberapa jam setelahnya, longsor susulan terjadi pada pukul 19.30 WIB.

Dalam longsor susulan itu, korban yang tertimbun menjadi lebih banyak lantaran banyak warga dan tim SAR gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.

Sebelumnya Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan menemukan satu korban bencana longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (16/1). Hingga pukul 21.00 WIB, sudah ada tiga korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Pukul 20.10 WIB, korban ketiga ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Korban selanjutnya diidentifikasi oleh tim DVI di Puskesmas Sawah Dadap,” ucap Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah. Deden menjelaskan ketiga korban ditemukan di sektor 1 atau lokasi hajatan warga.

** ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles