Kades Cibuntu Bagikan Sertifikat PTSL

0

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Cibuntu merealisasikan program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) terhadap 1.129 bidang tanah milik warga. Sertifikat tanah itu dibagikan di aula kantor desa setempat dengan menerapkan protokol kesehatan dan disaksikan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Cibuntu, Sabtu (16/01/2021).

“Alhamdulillah di Desa Cibuntu sudah terkaper kurang lebih 1.129 bidang yang sudah selelasi dan hari ini  penyerahan dari pemerintah desa atau panitia kepada warga masyarakat atau pada pemohon,” ujar Kepala Desa Cibuntu Ahmad Yani kepada wartawan disela-sela penyerahan sertifikat tersebut.

Ahmad Yani mengungkapkan, bahwa mulai proses pada Juni 2020 dan harus diselesaikan pada akhir tahun, meski dalam prosesnya kadang ada saja yang kurang lengkap sehingga harus menunggu. “Alhamdulilah setelah selesai secara simbolis dengan BPN waktu itu ke pemerintah desa  yang dilaksanakan di Kabupaten di Cibinong dan hari ini kita realisasikan ke warga masyarakat di tahap pertama,” ungkapnya.

Ahmad Yani mengatakan, yang diprioritaskan mendapatkan seritifikat gratis di wilayahnya adalah pemukiman. “Masih banyak yang belum, target pengajuan saya 2000 karena ada beberapa program dengan Proda kemarin itu di Desa Cibuntu 500-an ditambah sekarang PTSL,” katanya.

Menurutnya, bahwa bukti kepemilikan dengan sertifikat hak milik (SHM) bertujuan untuk menertibkan administrasi masalah pertanahan. Ia juga berharap bagi warga yang belum mendapatkan diharapkan dapat diarahkan terutama masalah pemukiman.

“Kedepan itu di tahun 2021 itu ingin lagi mengadakan program PTSL ini guna untuk menertibkan administrasi pertanahan yang diutamakan adalah pemukiman contoh lahan yang kosong tapi belum terbangun tapi masing-masing sudah merasa memiliki,” harapnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here