PKL Nyi Raja Permas Direlokasi ke Blok F

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bogor segera merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah. Rencananya para PKL akan direlokasi ke dalam Blok F Lantai 1 Pasar Kebon Kembang yang saat ini sudah selesai pembangunannya.

Kepala Dinas KUKM, Samson Purba mengatakan, pemindahan yang akan dilakukan untuk menaikan derajat dan kemajuan PKL. Kata dia, sedikitnya terdapat 148 kios di dalam Blok F yang nantinya akan ditempati oleh para PKL.

Dinas KUKM juga memfasilitasi pedagang untuk mendapatkan kios dengan  harga sangat terjangkau melalui bantuan kredit perbankan. “Kami sudah mendata para PKL Nyi Raja Permas dan sudah di sosialisasikan bahwa PKL harus pindah ke Blok F. Hari ini sosialisasi kedua, kami mengundang PKL, tapi mereka tidak datang,” ucap Samson kepada wartawab, Rabu (13/1).

Samson menjelaskan, pedagang hanya akan membayar satu kios seharga Rp60 juta dengan uang muka hanya 30 persen, sisanya di cicil selama lima tahun dengan kepemilikan Hak Pakai selama 20 tahun.

“Kalau secara hitung-hitungan, pedagang cukup membayar DP Rp20 juta, sisanya Rp40 juta di cicil dengan biaya Rp900 ribu setiap bulan.  Diberikan kemudahan-kemudahan bagi PKL dengan harga murah dan proses melalui perbankan dengan kredit KUR Bank BJB,” jelasnya.

Namun demikian, jika pedagang tidak ingin memiliki kios, pemerintah menyediakan opsi lain yaitu, pedagang masih bisa berjualan di lantai 1 Blok F dengan membayar sewa per hari Rp30 ribu.

“Kalau sewa setiap hari bayar Rp30 ribu, tapi tidak akan memiliki kios. Sedangkan kalau mereka beli kios, sama saja, setiap hari nabung Rp30 ribu dan sebulan Rp900 untuk cicilan kios. Sebenarnya PKL diberikan kemudahan diangkat derajatnya untuk maju dengan memiliki kios,” jelasnya.

Menurut Samson, dalam rangka pembangunan Alun-Alun Kota Bogor, maka akses jalan ke Nyi Raja Permas akan tertutup otomatis, sehingga pedagang tetap harus pindah. “Ini untuk kebaikan para PKL dan kemajuan mereka. Kami akan mengadakan rapat kembali minggu depan, agar PKL segera didata untuk pindah,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here