Sengketa Pilkades Banyuwangi, Iwan Minta Dihitung Ulang

0

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang terjadi di Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg disinyalir ditemukan adanya kejanggalan. Calon Kades nomor urut 02 Iwan memina penghitungan  suara diulang.

Iwan mengaku keberatan karena sebelumnya tidak adanya sosialisasi dari awal pencoblosan kepada para saksi. “Kami merasa  dirugikan  musababnya banyaknya suara tidak sah, sampai 13 surat suara termasuk surat suara yang terbanyak tidak disahkan adalah surat suara 02,” kata Iwan, kemarin.

Penghitungan yang cepat adalah surat suara tidak sah dan tidak diperhatikan kepada para saksi, serta memutuskan sendiri oleh ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  mempertanyakan kepada para saksi.

Berikutnya, kata Iwan, kejanggalan di dalam TPS 08 ditempat pencoblosan terdapat tiga paku, yaitu 2 paku yang berukuran paku 7 dan 1 paku berukuran paku 12 keadaan sudah berkarat sehingga merugikan salah satu calon yang menyebabkan surat suara  dalam keadaan bolong besar.

Keberatan ini muncul karena adanya laporan salah satu anggota KPPS 08 bernama Nurdin, menyatakan adanya suatu kejanggalan atau kecurangan yang merugikan pihak 02. “Beliau mengatakan  bahwa bolong kecil dan sobek sedikitpun untukn 02 tidak disahkan,” jelasnya.

Sedangkan untuk suara pihak lainnya kata Iwan disahkan. Ia menyampaikan kepada panitia tingkat desa, BPD dan panitia tingkat kecamatan bahwa telah terjadi kejanggalan atau kecurangan di TPS 08 yang merugikan pihak 02.

Sementara pihaknya juga mengaku sudah menemukan oknum anggota KPPS 04, dengan inisial D. Oknum ini membagikan uang pada hari Sabtu kepada masyarakat Kampung Cirangsad kemudian mengarahkan untuk memilih no 05. ” Sebelumnya kejadian ini sudah kami laporkan pada panitia tingkat desa,” jelasnya.

Iwan menegaskan, atas ketidak puasan dalam pesta demokrasi Pilkades  yang berlangsung pada 20 Desember 2020 lalu, maka pihaknya meminta untuk diadakan penghitungan ulang di 9 TPS terutama penghitungan ulang di TPS 08 untuk ke 5 calon tersebut.

Beberapa waktu lalu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cigudeg Heri Yusuf menyatakan, mengenai perihal Pilkades Desa Banyuwangi sudah beres dengan cara musyawarah. ” Sudah ada titik temu di musyawarah dengan mengundang Muspika, panitia Pilkades tingkat desa, KPPS, para Calkades berikut sejumlah saksi,” singkatnya.

Rekapitulasi suara Calon Kades Banyuwangi

1. Endang Iskandar 430 suara
2. Iwan                   923 suara
3. Sep Nurdiansyah 378 suara
4.Yapto                    729 suara
5. Rio Fariduddin       927 suara

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here