Kreatif, Bambukeun Sulap Bambu Jadi Barang Menarik

0
129

Bogor | Jurnal Inspirasi

Setiap orang sejatinya adalah kreatif. Dengan kreativitasnya itu banyak peluang yang bisa dihasilkan salahsatunya berpeluang bisnis. Demikian yang dilakukan Rizkyan Adi Pradana/Iyan (30), seorang Founder Bambukeun.id, dengan kreatifnya menyulap bambu menjadi kerajinan tangan yang menarik seperti tumbler, sedotan dan gelang yang terbuat dari bambu yang punya nilai jual yang tinggi.

Usaha bambu dirintis Iyan sejak agustus 2018 yang diberi nama Bambukeun.id yang berpusat di Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Yang tentunya bangunan tempat produksi/kantornya terbuat dari bambu, ditambah lagi area sekitarnya banyak pohon bambu.

Ide Bambukeun ini berrawal saat Iyan melihat potensi alam yaitu bambu yang fungsinya kurang dimaksimalkan. “ Keun itu artinya dalam bahasa Sunda kan banyak, jadi kita itu pengen membambukan banyak produk karena kita melihat bambu banyak dimana-mana tapi pemanfaatannya belum maksimal,” ujar Iyan kepada Jurnal Bogor, Kamis (7/1/21).

“Sedangkan yang kita lihat keluar negeri aja bahkan dengan negara-negara yang gak ada bambunya bisa memaksimalkan bambu itu, bisa menjadi pengganti kayu yang butuh waktu belasan tahun. Kita bisa cut periode itu dengan bambu yang cuman 3 tahun 5 tahun udah bisa ready,” lanjut Iyan.

Tak asal pilih bambu ada empat jenis bambu yang sering mereka gunakan salahsatunya bambu andong, hitam, karena bambu katanya ‘punya karakteristik masing-masing’ yang mereka dapatkan di dua tempat di Bogor.

Untuk saat ini ada tiga produk/barang utama dari bambu yang sering diproduksi yaitu tumbler, gelang, dan sedotan. “Tiga itu sebenarnya yang utama. Cuma kustom juga nerima dan justru banyakan yang kustom sih selama ini. Termasuk kustom tumbler ya, tapi kustom yang lain juga banyak. Waktu itu misalnya ada restoran kue balok dia pengen bikin kayak tempatnya yang unik-unik, kita bisa bikin,” jelas Iyan.

Salahsatunya tumbler bisa memakan waktu produksi sehari dengan menghasilkan 3-4, dikerjakan 2 pengrajin untuk produksi. Hingga saat ini Riyan mempunyai 6 karyawan dibagian marketing, dan keuangan.

Sistem penjualannya sering dilakukan secara online baik di sosial media maupun toko online seperti di akun Instagramnya yang diberi nama@bambukeun.id yang sudah ada 286 kali postingan. Terkadang juga offline saat bazar dan pameran.

Kerajinan Bambukeun.id sudah pernah dipasarkan ke berbagai wilayah Indonesia seperti: Labuan Bajo, Makassar, Sulawesi. Harganya mulai dari RP.60.000 untuk sedotan, gelang. Yang mana sedotan isi nya 3 dengan satu pembersih dan satu pouch. Sedangkan tumbler harganya Rp.250.000. Kostum seperti gantungan kunci Rp.5000. Omset yang mereka dapatkan hingga 20 juta/bulan.

Sejak Corona atau Covid-19 pendapatan sempat menurun. Namun tahun ini Bambukeun.id ingin meluaskan produk/service dengan interior home dekor dan keranjang.

**Eliyani, Nurma, Ilham [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here