Ditarget Beroperasi 18 Januari, Pembangunan RS Lapangan Covid-19 Baru 65 Persen

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menargetkan pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan Covid-19 dapat beroperasi pada 18 Januari 2021 mendatang. Namun, hingga kini pembangunan RS yang didirikan di Wisma Atlet GOR Pajajaran itu, pengerjaannya baru menyentuh 65 persen.

Diketahui, RS Lapangan akan memiliki kapasitas 128 tempat tidur yang diperuntukan bagi pasien virus corona yang memiliki gejala.

“Saya minta pembangunannya terus dikejar target bisa beroperasi tanggal 18. Tapi kalau bisa lebih awal lebih bagus,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meninjau lokasi pembangunan RS Lapangan, Jumat (8/1/2021).

Menurut Bima, saat ini, kapasitas tempat tidur RS di Kota Bogor sudah hampir mencapai 100 persen dengan rincian bed okupansi rasio sekitar 82,2 persen.

“Ya, memang sudah tinggi sekali. Warga juga sudah banyak yang mengeluh karena kesulitan. Nah karena itu kita kejar ini untuk yang hijau dan kuning tadi. Kemudian untuk OTG sedang kita siapkan satu lokasi yang mudah mudahan minggu ini sudah ada kejelasan,” jelas Bima.

Sementara itu, Kepala RS Lapangan Dr Yeti Haryati mengaku optimistis bahwa pada 9 Januari, pembangunannya sudah masuk finishing.

“Tanggal 10 rencana sudah mulai terpasang terus kita pastikan lift sudah jalan. Sebenarnya listrik genset yah sudah ada. Tinggal kita nyalakan sebabnya begitu lift jalan, alkesnya di atas bisa kita naikan tanggal 10 Seperti bed war itu kan berat berat harus menggunakan lift. Kemudian 18 Januari ini Insya Allah akan diresmikan oleh Kepala BNPB Doni Monardo,” jelasnya.

Setelah itu, lanjutnya, pada 12 Januari mulai dilakukan simulasi. Kemudian dilanjutkan dengam simulasi limbah di 13 Januari, lalu pada 14 Januari petugas mulai melakukan persiapan. “Sehingga pada 18 Januari semuanya sudah benar-benar siap,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here