28.2 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Vaksin Sinovac Sudah Final atau Belum?

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon mempertanyakan hasil uji vaksin Covid-19 yang akan mulai disuntikan pada masyarakat pekan depan. Pemerintah sudah mulai mendistribusikan vaksin tersebut ke berbagai provinsi di Indonesia.

“Saya ingin bertanya pada @KemenkesRI , vaksin Sinovac dari China yang akan disuntikkan itu vaksin final atau masih clinical trial tahap 3? Tolong dijawab agar jelas,” tulis Fadli di akun @fadlizon yang dikutip Selasa (5/1).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan pihaknya telah meningkatkan koordinasi dengan kementerian terkait hal ini. Khususnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Tadi dilaporkan bahwa pemerintah akan segera memulai untuk melakukan vaksinasi yang dijadwalkan sekitar pertengahan bulan atau minggu depan,” tutur Airlangga yang juga ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 4 Januari 2021.

Airlangga menyebut, tentunya izin edar vaksin ini masih menunggu emergency use authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Presiden Jokowi pun dikatakan meminta masyarakat tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan sambil menunggu vaksin disuntikkan.

“Jadi pemerintah akan terus mendorong peningkatan kedisiplinan masyarakat. Dan kedisiplinan masyarakat itu ya memakai masker, menjaga jarak kemudian juga mencuci tangan dan juga tetap menghindari kerumunan,” kata Airlangga.

Selain itu sejumlah daerah sudah melaporkan rencana vaksin pada pekan kedua Januari ini. Di antaranya Sumatera Selatan yang mendapatkan 58 ribu dosis. Vaksin dari perusahaan farmasi Sinovac sudah mulai didistribusikan ke sejumlah daerah. Untuk nantinya akan disuntikkan kepada para penerima pertama yakni tenaga kesehatan dan petugas publik.

** ass/viva

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles