Kalah di Pilkades, Kantor Desa Dipasang Tulisan “Tempat Ini Milik Keluarga”

0

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Pasca pilkades 2020, kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang ditempeli tulisan ‘Tempat ini Milik Keluarga’. Musababnya, status tanah tersebut memang bukan milik pemerintah melainkan milik pribadi. “Pemasangan stiker itu hanya pemberitahuan, bahwa tanah tersebut milik keluarga saya,” kata Uwesul Kurni, selaku pemilik tanah kepada wartawan.

Ia menjelaskan, Kantor Desa tersebut dibangun di atas tanah yang bukan milik pemerintah desa, melainkan milik Keluarganya. Karena selama menjabat tidak pernah meminta bantuan pengadaan lahan kantor Desa. “Saya menjabat Kades Sukamaju sudah dua periode dan selama itu belum pernah mengajukan bantuan pengadaan kantor desa ke Pemerintah Kabupaten Bogor,” tegasnya

Ketika ditanya seputar penyegelan kantor desa, ia membantah, karena saat ini untuk pelayanan masyarakat tetap berjalan. Bahkan, pasca kalah dalam Pilkades dia mengaku sudah legowo. “Itu bukan disegel, cuma pemberitahuan saja. Karena, kades terpilih nanti akan membangun kantor desa baru seluasa 500 meter persegi,” tuturnya

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Irwan Zen juga membenarkan bahwa kantor Desa Sukamaju itu bukan milik pemerintah melainkan milik pribadi dari kepala desa sebelumnya. “Karena kantor desa ini memang belum ada surat-surat yang menunjukan aset desa. Dan ditulisnya juga bukan segel tapi hanya ditulis milik keluarga, memang benar itu hak milik keluarga,” tegasnya.

Ia juga berharap, permasalahan ini bisa segera diselesaikan dengan duduk bersama. Jangan sampai pasca Pilkades masih ada konflik, tapi harus legowo semua pihak. “Yang jelas kalau dari desa ingin segera diselesaikan supaya tak ada gesekan apapun,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Kades Terpilih Cucum Suminar, Hartono mengatakan pada prinsipnya¬† sikap Kades terpilih menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Camat. “Apabila memang tidak diijinkan lagi menempati kantor lama dengan segala macam pertimbangan, kita akan cari kantor sementara (sewa dulu), sambil bertahap ke depan akan membangun kantor desa baru bahkan lokasi dan tanah sudah kami siapkan dan nanti akan dihibahkan untuk negara,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here