28.2 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

BPPSDMP-BBPP Batu Jadi Kawasan Ideal untuk Wisata

Malang | Jurnal Inspirasi

Agro Edu Wisata BBPP Batu, Kota Malang merupakan destinasi wisata peternakan atau pertanian yang digadang oleh Kementerian Pertanian. Berlokasi di Songgoriti No. 24 songgokerto Batu Malang. Agro Edu Wisata BBPP Batu menyuguhkan ragam hasil pertanian/ peternakan dan turunannya.

Kementerian Pertanian RI di bawah komando Sahrul Yasin Limpo, berkomitmen menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi menciptakan berbagai peluang bisnis berbasis agro.  Agro edu wisata dapat dimaknai menawarkan konsep pengalaman kepada pengunjung tentang kehidupan daerah pertanian.

Pengunjung mendapat kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petani dan peternak. Pelibatan wisatawan dalam penggunaan lahan dan komoditas pertanian, atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jenisnya cukup banyak, tergantung komoditas apa yang ingin ditonjolkan tentunya dengan menekankan prinsip-prinsip pendidikan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Sementara itu Kepala Badan PPSDMP Kementan RI Prof. Dedi Nursyamsi,  mengatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, hebat infrastrukturnya, hebat pertanamannya, dan semuanya harus hebat sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian/peternakan.

Wilayah Malang Raya, segmen pasar wisata semakin besar dengan eksploitasi yang lebih besar pula untuk melakukan perjalanan wisata yang lebih berkualitas. Kondisi ini menyebabkan makin tingginya permintaan perjalanan wisata dalam bentuk wisata minat khusus. 

Peluang pengembangan agro ekowisata di Malang Raya khususnya Kota Batu sedang berkembang, karena adanya kecenderungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk memenuhi kebutuhan meraka, seperti mencari gambaran baru tantang sisi lain kehidupan yang mereka  tak dapatkan di tempat asalnya. 

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si, mengatakan kedepan pengunjung yang datang ke BBPP tidak hanya bisa melihat bagaimana proses pertanian/peternakan itu berjalan, tapi juga bisa mengkonsumsi produk turunannya dari hasil peternakan secara langsung. Hal inilah yang membuat Agro Edu Wisata BBPP  berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Jika sudah puas mempelajari seluk-beluk pertanian/peternakan, pengunjung dapat beralih ke spot lainnya yang tidak kalah menarik.  Spot yang ikut menopang kegiatan Agro Edu Wisata, seperti kambing perah (Saanen), sapi perah Peranakan Fries Holand, ayam KUB, sapi potong, belum lagi bukit yang pada awalnya semak belukar disulap, dengan   ditanamai macam-macam buah-buahan seperti, anggur, kelengkeng, pisang cavendish, termasuk pakan hijauan ternak seperti endigovera, odot, rumput pakchong. itu spot lain yang dapat dijadikan sarana wisata sekaligus pembelajaran terutama anak-anak sekolah untuk dapat mencintai dunia pertanian.

Hal lain wisatawan dapat mengambil foto di sini, yang membuat hasil jepretannya menjadi lebih apik. Bagaimana tidak, lokasi Agro Edu Wisata BBPP Batu memiliki alam dan tampilan yang menarik terletak di dataran perbukitan yang diapit oleh Gunung Panderman, Gunung Banyak, dan Gunung Arjuna.

Memandang keindahan kota Batu seperti memandang dari atas awan, jika berkeinginan untuk melihat suasana Batu saat malam, Agro Edu Wisata BBPP tersedia tempat untuk menginap di alam asri, berkreasi, berlibur sambil belajar pertanian/peternakan  dan olah raga. Lainnya tidak menutup kemungkinan para wisatawan tentu butuh makan dan kuliner, Kita siapkan juga lokasi yang strategis untuk menyantap berbagai hidangan ala Batu.

Lebihlanjut wasis mengatakan pengembangan agro eduwisata menjadi penting, diantaranya sebagai alternatif upaya diversifikasi atau pemulihan perekonomian dampak covid-19, sebagai proses pembelajaran dan penumbuhan kecintaan terhadap sektor pertanian/peternakan. Demikian ujarnya menutup obrolan.

** T2S/Wan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles