26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Sandi Susul Prabowo Masuk Kabinet Jokowi

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Presiden Joko Widodo mengumumkan 6 menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12), salah satunya adalah Sandiaga Uno. Masuknya Sandi ke Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama cukup mengejutkan publik Tanah Air seperti halnya ketika Prabowo Subianto ternyata menjadi Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Prabowo yang merupakan rival pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, walau kalah menerima tawaran menteri, meski pertarungan di dalam kontestasi perebutan kursi presiden dan wakil presiden saat itu terbilang begitu sengit. Dengan demikian, publik sekali lagi diperlihatkan tabiat dari dunia politik yang serba cair. Pasangan Prabowo di Pilpres 2019, yaitu Sandiaga Uno, juga menyusul masuk kabinet. Meski demikian, Sandi menyatakan akan mengemban amanah tersebut.

“Tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi Covid-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ucapnya, Selasa (22/12).

Menurut elite Partai Gerindra itu, ada jutaan pekerjaan di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif yang harus diselamatkan. Apalagi sektor tersebut menjadi lokomotif pascapandemi agar perekonomian kembali bangkit.

“Jutaan lapangan pekerjaan yang di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang harus kita selamatkan. Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif pasca-pandemi Covid-19 untuk kita melanjutkan agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan bagi para rakyat Indonesia,” ucapnya.

Kata dia, strategi yang bisa diadopsi untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan mengutamakan inovasi serta menggunakan pendekatan teknologi, big data, yang menitikberatkan pada aspek kekinian. Dari situ bisa dipetakan potensi dan penguatan yang diperlukan.

“Kedua, adalah strategi adaptasi karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif salah satunya dan terakhir tentunya kolaborasi. Kita akan berkolaborasi tentunya dengan semua pihak,” tutupnya.

Nama-nama Calon Menteri Baru

1 Tri Rismaharini (Menteri Sosial) menggantikan Juliari Peter Batubara
2 Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menggantikan Wishnutama
3 Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan) menggantikan Terawan Agus Putranto
4 Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama) menggantikan Fachrul Razi
5 Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) menggantikan Agus Suparmanto
6 Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan) menggantikan Edhy Prabowo

** ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles