30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Hari Ini, Kota Bogor Putuskan Perpanjangan PSBMK

Bogor | Jurnal Inspirasi

Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2021, Pemerintah daerah se- Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Cianjur bersiap mengambil langkah-langkah untuk menekan persebaran Covid-19. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengaku belum memutuskan kebijakan apa yang akan ditempuh. Pasalnya, Selasa (22/10), Pemkot Bogor dan Forkopimda akan melakukan rapat evaluasi PSBMK untuk menyepakati langkah kebijakan yang akan diambil.

“Intinya kita sedang mengurun rembug ya, terkait dengan kebijakan yang sudah diambil Gubernur Jawa Barat mengantisipasi libur Natal dan Tahun baru. Ada beberapa pembatasan jam operasional dan juga pembatasan akses-akses ke tempat wisata dengan menyertakan surat rapid test antigen. Nah ini yang sedang kita bicarakan. Mungkin secara teknis Kota Bogor akan memutuskan besok,” katanya.

Selain itu dalam memutuskan kebijakan, pihaknya juga akan melihat situasi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kota Bogor. Apakah masih di zona orange atau kembali lagi ke zona merah.

“Harus di cek dulu, mudah-mudahan orange terus, jadi nggak usah sama dengan DKI Jakarta. Kalau tidak salah ada ketentuan dari Menko Kemaritiman untuk wilayah zona merah diberlakukan pembatasan operasional mal, kan kita masih oranye. Kalau kita lihat tadi di Depok perhari 300 kasus. Di Kota Bogor 70 perhari, mungkin masih bisa terkendali,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto meminta Pemkot Bogor kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau membuat kebijakan menarik rem darurat. “Bila itu dapat menekan persebaran, kami akan dukung (PSBB),” ungkapnya.

Menurut Atang, ketika PSBB dilaksanakan, Pemkot Bogor wajib menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak lantaran takkan bisa beraktivitas. Ia pun mengungkapkan pendataan untuk penerima bantuan harus dimulai dari sekarang dengan standar yang sudah disamakan.

“Ya, perlu dipikirkan skema bantuan sosial bagi masyarakat yang benar-benar terdampak, apabila rem darurat PSBB dilakukan,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles