Anton Ingatkan Generasi Muda Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

0

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang juga sekaligus sebagai Sekertaris Fraksi Partai Demokrat Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI H. Anton Sukartono Suratto melaksanakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Minggu (20/12).

Acara yang berlangsungkan di Pendopo Puri Cikeas Mamsion Jl. Letda Nasir, Desa Bojong Kulur, Kecamatan. Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Dalam acara kali ini, Anton menyasar para tokoh pemuda serta generasi milenial yang ada di Kecamatan Gunung Putri.

Pengetahuan terkait makna, filosofi dan pentingnya Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pilar Pancasila, Pilar Undang-Undang Dasar 1945, Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika disampaikan politisi senior Partai Demokrat asal Bogor ini.

Dijelaskan Anton, penyegaran kembali terkait Empat Pilar Kebangsaan diharapkan dapat membentengi para para pemuda dari potensi paparan ideologi selain Pancasila apalagi ideologi yang mengarah ke radikalisme. Potensi tersebut menurutnya tetap ada dan wajib diantisipasi khususnya di perubahan era digital yang berkembang sangat cepat.

Apalagi sebagai pemuda yang menjadi unsur masyarakat yang vokal dan idealis, menurut Anton, penting bagi mereka memiliki ideologi Pancasila yang mapan. “Sebagai kader bangsa berideologi, mahasiswa jangan sampai jadi aktivis yang rapuh tanpa ideologi kuat sebagai dasarnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Anton.

Dia mengatakan, pada tahap ini tentu akan lebih baik melakukan pencegahan dibanding mengobati orang-orang yang sudah terpapar ideologi yang tidak sesuai Pancasila.

** Gita Purnama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here