Okupansi Hotel di Puncak Turun Signifikan

0

Cisarua | Jurnal Inspirasi
Di masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan keluarnya larangan bagi masyarakat untuk merayakan tahun baru oleh pemerintah pusat dan Pemkab Kabupaten Bogor, sangat berpengaruh terhadap okupansi hotel yang ada di kawasan wisata Puncak, Cisarua.

Bahkan, jelang Natal dan Tahun Baru 2021, reservasi hotel masih diangka sekitar 30 persen. Boboy Ruswandi, Sekjen PHRI Kabupaten Bogor menjelaskan, penurunan tingkat okupansi ini tentunya didasari beberapa faktor, salah satu yang paling berpengaruh adalah pandemi Covid-19 dan kebijkan pemerintah yang melarang diadakannya perayaan Nataru.

“Semua pengelola hotel sudah memprediksi jika tahun ini bakalan menurun, ditambah adanya kebijakan pemerintah,” ujarnya kepada wartawan.

Menurunnya tingkat hunian pada Natal dan Tahun Baru, terjadi sejak beberapa tahun kebelakang. Untuk tahun lalu, persisnya dua pekan menjelang pergantian tahun, para pelaku usaha hotel hanya baru menerima reservasi diangka 40 persen. “Artinya, tahun lalu dan sekarang tidak jauh berbeda,” ungkap Boboy.

Yang berbeda dengan tahun ini, lanjutnya, kalau dulu semua hotel tingkat huniannya hampir rata, dan sekarang hanya beberapa hotel saja yang sudah mendapat bookingan. “Karena sekarang ada beberapa aturan-aturan yang berhubungan dengan protokol kesehatan harus dijalankan,” papar Boboy.

Meski begitu, Boboy masih berharap, peningkatan hunian akan terjadi di malam tahun baru. “Terkadang dua hari menjelang pergantian malam tahun baru akan ada peningkatan hunian,” jelasnya.

Sementara, marketing manager Hotel Garbera, Lenty mengungkapkan, hunia hotel menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini masih dibawah yang diharapkan. Ditambah, kebijakan pemerintah juga yang mengakibatkan okupansi menjadi turun. “Lihat saja nanti,” imbuhnya.

Penutupan jalan raya Puncak saat memasuki malam tahun baru, dinilai sangat berdampak juga terhadap hunian, apalagi bagi hotel kelas melati. Kalau hotel kelas melati biasanya akan ramai saat menjelang malam tahun barunya. Berbeda, dengan hotel bintang yang terkadang sudah mendapat booking dari jauh hari sebelumnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here