Menyicipi Cungkring Pak Jumat, Kuliner Legendaris Asal Kota Bogor Sejak tahun 1975

0

Selain memiliki berbagai macam tempat wisata,  Kota Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan  juga memiliki kulier khas tradisional yang terkenal dan legendaris, salah satunya adalah cungkring. Cungkring sendiri merupakan kuliner tradisional khas Kota Bogor yang berbahan dasar kikil sapi dengan bumbu kuning yang dicampur berbagai macam isian seperti otot sapi, bibir sapi, lontong, tempe goreng yang dipotong kecil-kecil kemudian disiram bumbu kacang dan dihidangkan di atas kertas pembungkus makanan yang dialaskan oleh daun pisang.

Laporan: Ilham, Nurma, Elyani [MG/UIK,jb]

Penjual cungkring yang paling dikenal oleh masyarakat Bogor, khususnya warga Suryakencana adalah Cungkring Pak Jumat yang sudah berjualan sejak 45 tahun yang lalu dan bertahan hingga sekarang ini terletak di sekitar perempatan Gang Aut Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor,

”Mulai jualan cungkring ini dari tahun 1975 dari kakek saya namanya Jumadi yang dikenal sebagai Pak Jumat, dulu kakek jualannya keliling, namun sejak tahun 1975 kakek jualan cungkringnya mangkal di Jalan Suryakencana,” ungkap Rasiman (23) penjual sekaligus penerus Cungkring Pak Jumat kepada Jurnal Bogor, baru-baru ini.

Menurut Rasiman, cungkring berasal dari kata cungur kering, cungur sendiri maksudnya bibir sapi dalam bahasa Sunda, namun karena kata cungur terdengar kasar, maka disingkatlah nama cungur kering disingkat menjadi cungkring.

Dalam proses pembuatannya Rasiman menjelaskan, kikil kaki sapi dan berbagai macam potongan isian sapi seperti bibir sapi, urat, otot, daging direbus terlebih dahulu sampai empuk. Setelah empuk, kikil kaki sapi diberi bumbu dengan bumbu kuning.

Kemudian kikil sapi yang sudah dibumbui dengan bumbu kuning dicampur dengan potongan isian sapi. Setelah itu diberi lontong dan kripik tempe goreng yang sudah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Lalu diberi bumbu kacang yang dicampur kecap manis dan perasan jeruk limo dengan ditamburi bawang goreng diatasnya sehingga memiliki cita rasa yang khas dari Cungkring Pak Jumat.

Cungkring Pak Jumat yang terletak di sekitar perempatan Gang Aut jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah ini biasanya menjualkan dagangannya dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Untuk satu porsi cungkring dibanderol dengan harga sekitar Rp 18.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here