Kecamatan Ciawi, Dua Petahana Masih Dipercaya Masyarakat

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Dua calon kepala desa petahana masih mendapatkan kepercayaan untuk memimpin kembali. Sebaliknya ada pula incumbent yang tumbang saat  Pilkades Serentak 2020 di 88 desa di Kabupaten Bogor, Minggu (20/13).

Di Kecamatan Ciawi, dari enam desa yang melaksanakan Pilkadades, hanya dua cakades petahana yang bertahan. Berdasar data panitia Pilkades Kecamatan Ciawi, dua petahana yang kembali terpilih adalah Dedeh Handayani di Desa Bitungsari. Ia meraih suara terbanyak dengan perolehan 1.549 suara.

Kemenangan Dedeh Handayani juga diikuti Baban Subandi di Desa Cileungsi dengan meraih 3.211 suara. Sementara empat desa lainnya yang kadesnya tumbang adalah Desa Cibedug, Desa Banjarwangi, Desa Bojongmurni dan Desa Banjarwaru.

Adapun pemenangnya yakni Desa Banjarwaru peraih suara terbanyak Abdul Rahman dengan 2.567 suara, kemudian Desa Bojong Murni dimenangkan M. Kusnadi dengan 1.568 suara dan Banjarwangi oleh Supratno Prasetyo dengan 1.240 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Cisarua, H. Sahrudin kembali terpilih. Ia menang telak atas dua rivalnya yakni Sandili dan Badrudin. Lalu di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, kades petahana Candralena tumbang. Ia kalah suara dari Duloh yang meraih suara terbanyak.

Di Kecamatan Megamendung, dua petahana tumbang. Di Desa Sukakarya, Siti Asliah harus mengakui kemenangan rivalnya yakni Hasan Sukandi, dan Desa Megamendung dimenangkan Duduh Manduh. Sedangkan Dedi Junaedi kembali terpilih dalam Pilkades Gadog.

Sekcam Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat bersyukur pikades berlangsung aman, lancar, tertib, dan kondusif. Semoga hal ini tetap hingga dilantiknya kades terpilih. “Semoga kemenangan Pak Duloh dapat meningkatkan kinerja desa yang berimbas pada munculnya inovasi dan percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan Pancakarsa Kabupaten Bogor, saya yakin tercapainya Pancakarsa Kabupaten, berawal dari pembangunan desa yang berhasil,” paparnya.

Karena menurut sekcam, pembangunan harus berbasis desa, agar langsung dirasakan masyarakat.   “Juga semoga Pak duloh amanah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala desa,” ujarnya.

Sementara Camat Ciawi, Adi Henryana berharap, mudah-mudahan kades yang terpilih dalam pilkades serentak sesuai harapan masyarakat desa masing-masing. “Semoga juga mereka yang terpilih mampu membawa nama baik dan membawa kemajuan desa masing-masing,” katanya.

Camat pun menjelaskan, secara teknis maupun nonteknis pelaksanaan pilkades di Kecamatan Ciawi berlangsung kondusif, aman, tertib dan sesuai harapan. “Secara pelaksanaan berjalan aman dan kondusif, protokol kesehatan dilaksanakan, selain itu tidak ada penyalahgunaan dan penyimpangan yang mengganggu kelancaran pilkades,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here