Sekretaris Fraksi Demokrat Beri Pemahaman Konsep Berbangsa dan Bernegara

0

Gunung Putri l Jurnal Inspirasi

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat MPR-RI H. Anton Sukartono Suratto kembali menyambangi masyarakat untuk terus mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Senin (30/11) lalu.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Cikeas tersebut, mensosialisasikan empat pilar kebangsaan untuk memberikan pemahaman konsep berbangsa dan bernegara yang penuh dengan rasa toleransi atas segala perbedaan yang ada. Para warga diharapkan mampu menghargai segala perbedaan, hidup bergotong royong yang penuh rasa welas asih.

“Ini bagian dari tugas anggota DPR/MPR RI untuk menggencarkan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini kepada seluruh element, baik itu tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika,” terang pria yang akrab disapa Kang Anton.

Lebih jauh Kang Anton mengatakan, Pancasila adalah ideologi dan dasar negara, UUD 1945 adalah Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara. Empat pilar tersebut, adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, karena merupakan tiang penyangga yang menjadi panutan dalam upaya kita menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

“Makna dari keempat pilar ini sebagai refleksi bagi kita semua agar nasionalis relejius, kemanusiaan, dan gotong royong bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Anton yang juga sebagai ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor menjelaskan, para pahlawan telah menggali nilai luhur Bangsa, sehingga lahirlah Pancasila. Hal itulah yang kemudian menjadi ideologi bangsa indonesia hingga saat ini.

Terakhir, Kang Anton mengajak agar segala bentuk perlawanan terhadap ideologi pancasila harus ditentang dan dilawan demi keutuhan NKRI. “Mari bersama kita melawan upaya penyebaran radikalisme di tengah masyarakat, agar kita sama-sama bisa menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

** Gita Purnama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here