Anton Suratto Tekankan Pentingnya Penerapan Pilar Kebangsaan

0

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat MPR-RI H. Anton Sukartono Suratto menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di SMK PGRI Kharisma Bangsa, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jumat (19/11).

Dalam acara sosialisasi tersebut, Anton menekankan pentingnya menerapkan pilar-pilar kebangsaan mulai dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam bermasyarakat, bernegara dan berbangsa mulai dari hal terkecil yang bisa dilakukan oleh setiap individu.

“Sosialisasi empat pilar yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945, NKRI Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Lebih jauh politiisi Partai berlambang Bintang Mercy tersebut merasa, pentingnya empat pilar kebangsaan untuk terus disampaikan dan sosialisasikan kepada masyarakat untuk lebih menguatkan dan mengingatkan kembali pilar-pilar kebangsaan.

“Saya meminta semuanya yang hadir dalam acara ini, agar berperan aktif ikut mensosialisasikan pilar kebangsaan ini kepada masyarakat hingga ke akar rumput. Terutama juga kepada generasi milenial saat ini agar terjadi kesepahaman soal komitmen kebangsaan yang diwariskan leluhur dan tokoh bangsa di masa lalu. “ada banyak ideologi negara, dan kita telah menyepakati Pancasila sebagai dasar dan ideologi kita,” pintanya.

Anton juga mengatakan, Pancasila bahkan mengakomodir kebebasan umat beragama untuk memperaktikan ritual atau kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Antar umat beragama, antara suku dan bangsa tidak boleh saling mengganggu.

“Bahkan dalam ranah sosial dan kehidupan bernegara kita harus saling membantu dan bergotong royong menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini,” terangnya.

Pada kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan kali ini dihadiri oleh mulai dari Kepala Sekolah SMK PGRI Kharisma Bangsa, para guru, komite sekolah, tokoh masyarakat, pemuda Karang Taruna dan masyarakat di sekitar sekolah.

** Gita Purnama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here