Jalan Leuwinutug – Hambalang Baru Dikerjakan, PT Toleransi Aceh Kebut Pekerjaan

0

Citeureup | Jurnal Inspirasi

Peningkatan Jalan Leuwinutug – Hambalang dikebut pengerjaannya setelah sempat menjadi pertanyaan. Jalan itu dikerjakan oleh penyedia jasa yakni PT. Toleransi Aceh sebagai pemenang tender dengan no kontrak 620/A.075-21.1833/TING-JLN/PJJ.1/SPMK/DPUPR/TGL 20 Oktober 2020 dengan masa kerja 65 hari kalender. Namun baru pada Selasa (8/12), PT Toleransi Aceh mulai mengerjakan proyek tersebut.

Sekretaris Desa Hambalang, Dewi menjelaskan bahwa pihak pemdes baru mengetahui saat konsultan proyek menyambangi Desa Hambalang untuk memulai pekerjaan. “Saya tidak tahu jika seharusnya pekerjaan tersebut dikerjakan bulan Oktober lalu,” kata Dewi.

“Awal informasi hanya mendapatkan pemeliharaan, namun saya coba gedor dinas melalui Musrembang Kecamatan jika kami meminta Jalan Leuwinutug – Hambalang yang panjangnya sekitar 1 KM tersebut agar dilakukan peningkatan jalan bukan pemeliharaan melihat kondisi jalan yang sudah parah dan berlubang,” jelas Dewi.

Lanjutnya, pada Minggu (6/12) Konsultan Proyek Alex datang untuk memberitahukan bahwa akan dimulai pekerjaan dan meminta jalur agar ditutup karena mau kebut pekerjaan. “Namun kami tidak mengizinkan karena lalu lintas tersebut adalah satu-satunya akses jalan warga untuk beraktivitas maka saya serahkan pada karang taruna untuk melakukan pengaturan jalan jika proyek pekerjaan jalan akan dimulai.”

“Termasuk lambat pekerjaannya semoga saya pekerjaannya sesuai spek dan selesai tepat waktu, agar kami yang mengusulkan tidak dikecewakan karena kelalaian penyedia jasa,” pungkas Dewi.

Terpisah, salah satu warga Edy di lokasi mengatakan, pada Senin (7/12) dikerjakan, sejauh 1 KM awalnya minta jalan ditutup, namun warga menolak karena ini akses satu-satunya jalan. “Katanya anggaran sisa, makanya dikerjakannya pas mau akhir tahun,” jelas Edy.

Peningkatan Jalan Leuwinutug – Hambalang yang dikerjakan oleh PT. Toleransi Aceh beralamatkan di Jalan Tgk Gee Iniem No. 24 A Tungkep Darussalam Aceh Besar, Aceh Besar Kabupaten Aceh dengan memakan anggaran Rp 3.141.787.000, dalam masa waktu kerja 65 hari kalender dan harus dimulai tanggal 20 Oktober 2020dengan Konsultan PT. 4 Cipta Konsultan.

Saat di mintai keterangan Kepala UPT Jalan dan Jembatan Cileungsi Zulkifli belum memberikan penjelasan perihal keterlambatan pekerjaan peningkatan Jalan Leuwinutug – Hambalang.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here