Satgas Covid-19 Gandeng Mahasiswa Edukasi Masyarakat

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng puluhan mahasiswa sebagai Duta Perubahan Perilaku untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan di wilayah Kota Bogor pada Senin (7/12).

Edukasi dan sosialisasi ini sudah berlangsung sejak Oktober yang dilakukan oleh mahasiswa dari lima kampus di Kota Bogor, diantaranya Universitas Pakuan, Universitas Ibnu Khaldun, Universitas Djuanda, Institut Bisnis Kesatuan, dan Universitas Nusa Bangsa. Penurunan tingkat kepatuhan masyarakat menjadi alasan kegiatan ini terus dilakukan.

Menurut Harris Iskandar selaku Ketua Sub Bidang Edukasi Perubahan Perilaku, “Hasil statistik kemarin, terjadi penurunan tingkat kepatuhan masyarakat 20 persen dalam 1 minggu ini di seluruh Indonesia”.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan menurunkan kasus positif dan angka kematian. Mahasiswa dilibatkan aktif karena dinilai sebagai calon pemimpin sehingga harus mulai mengambil peran dalam permasalahan masyarakat.

Masyarakat yang beraktivitas di pedestrian dan toko-toko menjadi sasaran edukasi. “Kami edukasi pentingnya 3M, selain itu juga membagikan masker dan stiker pada masyarakat,” ujar Daffa Dwi selaku kordinator lapangan.

Daffa menyebutkan terdapat beragam tanggapan diberikan masyarakat. “Ada yang menerima, ada juga yang menolak diedukasi dan diberikan masker alasannya karena sedang merokok,” ujarnya.

“Belum sesuai dengan harapan, tapi kami terus mengedukasi dan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan. Kita ingin yang terbaik untuk negeri ini terutama Kota Bogor,” tutup Daffa.

** Naning Nuralia [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here