Bansos di Kabupaten Bogor Perlu Diawasi

0

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Haikal Kurdi meminta bansos Covid-19 diawasi setelah Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Padahal ditengah pandemi yang tak kunjung usai, Presiden RI Joko Widodo telah mengingatkan untuk tidak bermain-main dengan bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

“Perlu diwaspadai di tingkat bawah setiap daerah. Di tingkat pusat, Kementerian pun sudah terjadi seperti itu, bagaimana di tingkat bawah tentu perlu evaluasi jangan sampai terjadi dan tidak amanah. Contoh sudah terjadi, harus sesuai aturan bukan atureun dan harus sesuai dengan pagu yang sudah ditetapkan,” kata Wawan Haikal Kurdi, Senin (7/12).

Soal  kaitan bansos Covid tunai atau pun non tunai yang diberikan ke masyarakat, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, kata dia telah cukup banyak. Dan ini perlu pengawasan yang ekstra jangan sampai hak rakyat kecil juga ikut disimpangkan.

“Seperti BPNT juga sampai sekarang seolah jadi proyek bancakan, banyak ingin menyumplai, dan UMKM juga perlu ada pengawasan jangan sampai jadi ajang mencari keuntungan,” katanya.

Ia berharap di Kabupaten Bogor tidak terjadi sehingga setiap bantuan bisa dirasakan penuh baik  bantuan pemerintah pusat maupun daerah jangan sampai menjadi proyek bagi oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya juga minta kepada Kadinsos untuk benar-benar memperhatikan hal ini jangan sampai hal yang terjadi di tingkat pusat ikut terjadi juga di daerah,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here