BUMDes Kadumanggu Disinyalir Kelola Galian C Ilegal

0

Babakan Madang | Jurnal Inspirasi

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kadumanggu, Kecamatan Babakan Madang diduga mengelola galian C yang belum berizin. Pol PP Babakan Madang sendiri telah memberikan peringatan perihal kegiatan ilegal pasca ada pemotor yang jatuh.

“Saya sudah menghentikan kegiatan tersebut dan memberikan imbauan pada BUMDes yang mengelola karena kegiatan itu tidak berizin,” ujar Kanit Pol PP Kecamatan Babakan Madang Firdaus, kemarin.

Bahkan Camat Babakan Madang, Cecep Imam Nagarasid mengaku miris jika harus mendengar kegiatan Ilegal justru dikerjakan oleh organisasi resmi yang ada di desa karena seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat bukan malah menjadi pelaku.

“Kami Muspika sudah memberikan surat teguran pertama apabila tidak diindahkan maka akan kami layangkan surat teguran kedua, selanjutnya kami serahkan pada Kasat Pol PP Kabupaten untuk menutup Galian C Ilegal tersebut sekalipun BUMDes jadi tameng, tapi jelas melanggar,” kata Cecep Imam.

Lanjutnya, selain itu dia sudah lakukan teguran kepada Kepala Desa Kadumanggu Adi Wijaya terkait kegiatani ilegal yang dikelola BUMDes. “BUMDes dibiayai oleh anggaran pemerintah, masa mau mengelola galian C ilegal, yang jelas lebih banyak mudorotnya dari pada manfaatnya,” pungkas Camat Babakan Madang.

Terpisah, Achmad salah satu pengurus Bumdes mengaku kegiatan galian C ini memang benar dikelola BUMDes tapi ada pihak ke-3 yang mengerjakannya. “Iya BUMDes Kadumanggu yang kelola tapi alat punya pihak ketiga,” kata dia.

Saat dikonfirmasi Jurnal Bogor, Ketua Bumdes, Raden dan Kepala Desa Kadumanggu tidak merespon perihal kegiatan ilegal yang ada di lingkungannya. Lokasi galian C itu persis berada di samping POM bensin Leuwijambe yang tak jauh dari kantor pusat forensik Polri dan sempat ditutup oleh Polda Jabar pada masa jabatan Camat Yudi Santosa.  

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here