32.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Jumat Berkah, Warga Sedekah untuk Jamaah

Bogor | Jurnal Inspirasi

Hari Jumat merupakan hari raya bagi umat Islam, dan menjadi hari yang istimewa karena sebagai muslim laki-laki diwajibkan untuk menunaikan ibadah sholat Jumat berjamaah di masjid. Selain itu, hari Jumat dipercayai mengundang banyak keberkahan, salah satunya dengan bersedekah. Saat ini kesadaran umat Islam untuk bersedekah pada hari Jumat sudah semakin meningkat. Demikian juga masjid-masjid berlomba menyediakan makan dan minum setelah selesai sholat Jum’at.

Salah satunya adalah Masjid At-Taqwa (SMPN 2 Ciomas), Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Pengelola DKM At-Taqwa terus berupaya menebarkan keberkahan dengan menerapkan program-program untuk memakmurkan masjid. Salah satu programnya yaitu Jum’at Berkah, dengan mengajak warga untuk bersedekah berbagai macam makanan dan minuman kepada jama’ah sholat Jumat.

Hal ini disampaikan oleh Ribuansyah, Ketua DKM At-Taqwa, baru-baru ini, “Program ini selalu berjalan setiap hari Jumat. Para warga saling mengumpulkan makanan atau minuman, dan di depan masjid ini disediakan 1 hingga 2 meja yang berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman yang telah dikumpulkan. Ini menjadi kesempatan warga sekitar masjid yakni Perumahan Alam Tirta Lestari untuk berbondong-bondong mencari keberkahan dengan bersedekah kepada para jama’ah. Itu sebabnya masjid ini selalu ramai oleh jama’ah sholat Jumat,” ujarnya.

Dengan ikhlas warga sekitar secara bergiliran berbagi rezeki dalam bentuk makanan dan minuman, bahkan rutin setiap Jumat dilakukan dengan harapan pahala dari Allah SWT. Sementara itu, makanan dan minuman tersebut tidak hanya dibagikan khusus kepada para jama’ah, namun juga kepada warga sekitar lainnya. “Hal tersebut kami lakukan agar banyaknya sedekah dari warga tidak mubazir. Hal itu tak lepas dari warga yang senantiasa meningkat untuk andil bersedekah lewat program ini. Makanan dan minuman yang lebih akan dibagikan juga kepada warga yang belum kebagian atau fakir yang membutuhkan,” jelasnya.

Berkah dari program Jumat Berkah di Masjid At-Taqwa, yakni jumlah jamaah sholat Jumat meningkat. “Imam sekaligus Khotib sholat Jumat disini juga selalu berganti gilir, mengundang ustadz-ustadz lain agar menarik jamaah, dan pelaksanaan khutbah Jumat di masjid juga tidak terlalu lama. Ini karena kami menyadari para jamaah memerlukan waktu istirahat atau dapat mengisi perut terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas,” tutupnya.

** M. Fadhil Mauludi [MG/UIK-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles