Grand Final Pemilihan Duta Muda Kesehatan Kota Bogor Tahun 2020

0
184

Oleh: AnNur Fatimah,SKM

Duta Kesehatan merupakan generasi pembawa perubahan yang nantinya membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada khususnya dalam bidang kesehatan. Sehingga peran pemerintah dan masyarakat mendorong inisiatif pemuda seperti yang tercantum dalam deklarasi pemuda siaga peduli kesehatan bahwa pemuda dapat berperan sebagai motivator, penggerak, pelopor pembangunan kesehatan dan pelaksana kegiatan kesehatan.

Dinas Kesehatan Kota Bogor menyelenggarakan lomba “Pemilihan Duta Kesehatan Award Kota Bogor Tahun 2020”. Lomba tersebut secara tidak langsung merupakan sarana promosi perilaku dan gaya hidup sehat dari, oleh, dan untuk masyarakat sehingga masyarakat tahu, mau, dan mampu menjadi insan yang cinta sehat dan siap membangun negeri. Melalui kegiatan ini diharapkan memberikan wadah bagi generasi muda khususnya remaja untuk dapat mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilannya di bidang kesehatan.

Pemilihan duta muda kesehatan award sudah dilaksanakan dari tahun 2017 sampai dengan sekarang. Pemilihan ini terdiri dari beberapa tahap mulai dari seleksi di tingkat kecamatan, penentuan juara tingkat kecamatan, karantina dan grand final. Untuk di tingkat kecamatan pemilihan duta muda kesehatan dilaksanakan di 6 (enam) kecamatan korwil, yang di mulai dari bulan Oktober s.d minggu pertama Nopember 2020. Selama pemilihan,tingkat kecamatan terpilihlah 23 (dua puluh tiga) orang finalis yang terdiri dari 13 orang mojang dan 10 orang jajaka.

Grand final pemilihan duta muda kesehatan tahun 2020 telah dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2020. Terpilihnya 23 orang finalis yang terdiri dari 13 orang mojang dan 10 orang jajaka dari masing-masing kecamatan se kota bogor berdasarkan juara pemenang dalam pemilihan duta muda kesehatan tingkat kecamatan. Sebelum acara grand final, sebelumnya telah dilakukan kegiatan karantina  berupa ujian tulis (pre test dan post test) pembekalan materi-materi kesehatan, publik speaking, personal branding dan unjuk bakat (unjuk kabisa) finalis berupa penyuluhan/wawar tentang materi kesehatan.

Dari 23 finalis tersebut, terpilihlah 4 pasang mojang dan jajaka yang terpilih berdasarkan penilaian pada saat karantina. Penentuan juara duta muda kesehatan tahun 2020 saat grand final di tentukan dari hasil penilaian berupa tanya jawab oleh para juri dan unjuk bakat berupa penyuluhan mengenai covid-19 dan materi kesehatan lainnya. Adapun juara duta muda kesehatan tahun 2020 yaitu;

Juara 1JajakaKimyunBogor Barat
Juara 1MojangRuri RifanaBogor Selatan
Juara 2JajakaAbidzar AlghifariTanah Sareal
Juara 2MojangIntan AzhariBogor Utara
Juara 3JajakaArif FebriantoBogor Tengah
Juara 3MojangNurauliaBogor Selatan
Juara FavoriteJajakaM.Difa Hafizh HaqBogor Timur
Juara FavoriteMojangIndahBogor Utara
  • Bagi para juara untuk kedepannya memiliki peran dan tugas selama menjadi duta muda kesehatan tahun 2020 yaitu;
    • Bersama – sama dengan Dinas Kesehatan kota Bogor mensosialisasikan Germas di tingkat kota Bogor;
    • Bersama-sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor mengedukasi masyarakat  dan generasi muda dalam berperilaku dan membiasakan hidup sehat;
    • Sebagai ”Icon” generasi muda sehat kota Bogor;
    • Sebagai kepanjangan tangan dari Dinas Kesehatan kota Bogor dalam menyebarluaskan informasi kesehatan.
    • Bersama – sama beraksi mewujudkan masyarakat kota Bogor Sehat

”Sehat Keluargaku”

 ”Sehat Kota ku”

 ”Sehat Bangsaku”

Selama pandemi covid-19 duta muda kesehatan turut andil dalam mengkampanyekan pesan-pesan terkait covid-19 berupa kegiatan kampanye masif adaptasi kebiasaan baru (AKB), selain itu mereka juga terlibat dalam melakukan monitoring dan evaluasi terkait Germas ke OPD se kota Bogor. Dengan adanya pemilihan duta muda kesehatan diharapkan dapat bersama-sama dengan dinas kesehatan kota bogor dan puskesmas dalam menyebarluaskan informasi kesehatan ke masyarakat dan menjadi contoh/panutan bagi generasi muda kota bogor dalam berperilaku hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here