Puluhan Warga Banjarsari Rapid Test Gratis

0
75

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kecamatan (Pencam) Ciawi bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Banjarsari, Kabupaten Bogor, melakukan rapid test terhadap warga. Kegiatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan kewaspadaan dini terhadap penyakit Diabetes Militus di wilayah Ciawi, terutama di Desa Banjarsari.

Camat Ciawi, Adi Henryana mengatakan, rapid test ini dilakukan tim medis dari Puskesmas Banjarsari kepada puluhan warga. Selain rapid test, lanjut camat, para tim medis melakukan pemeriksaan gula darah untuk mewaspadai penyakit Diabetes Militus terhadap warga.

 “Baik rapid test maupun pemeriksaan gula darah, kami berikan secara gratis,” ungkapnya kepada wartawan.

Sebelumnya, sambung Adi, kegiatan sama juga sudah dilaksanakan di Puskesmas Citapen yang bekerjasama dengan pemerintah desa setempat.

Camat menghimbau agar warga tetap waspada dan selalu menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) di wilayah masing-masing dengan menerapkan 3 M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

 “Harapan saya agar warga Kecamatan Ciawi sehat dan tidak ada yang terpapar Covid-19 serta penyakit lainnya,” jelasnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Misbah mengungkapkan, pemeriksaan gula darah dan rapid tes yang dilakukan tim medis Puskesmas kepada warga Banjarsari, sebagai langkah positif dalam pencegahan penyebaran virus corona di wilayahnya.

 “Alhamdulillah ada sekitar 50 warga Banjarsari yang ikut di rapid test dan pemeriksaan gula darah di Pos Kemanan Desa (Poskamdes),” jelasnya.

Misbah menyatakan, saat turun surat pemberitahuan dari Pencam Ciawi, pihaknya langsung melakukan sosialisasi kepada warga. Adapun persyaratan warga yang berminat ikut di rapid test, hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 “Saya berharap agar warga untuk saling menjaga kesehatan di masa sekarang ini agar terhindar dari penyakit,” tukas Kades Banjarsari.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here