29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

BPJS KC Cibinong Launching Pandawa

Daftar BPJS Bisa Pakai WhatsApp

 Cibinong | Jurnal Bogor

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang (KC) Cibinong, memperkenalkan program terbaru di era Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB) pada masa pandemi Covid-19, Rabu (25/11). bertempat diruang rapat besar BPJS Kesehatan KC Cibinong di jalan Pemda Kabupaten Bogor, Rabu (25/11).

Acara yang bertemakan pelayanan peserta “Adaptasi Kebiasaan Baru dan Pelayanan Pandawa BPJS KC Cibinong” itu menjelaskan terkait pelayanan yang diberikan selama pandemi Covid-19 ini melalui aplikasi pesan singkat tanpa adanya pelayanan tatap muka.

Kepala BPJS Kesehatan KC Cibinong, Erry Endry mengatakan, tujuan diadakannya program Pelayanan Adminstrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) di masa New Normal untuk menghindari kerumunan di masa (AKB di masa pandemi Covid-19 tahun ini.

Menurutnya, Pandawa ini merupakan pelayanan tanpa tatap muka atau tanpa kontak fisik antara frontliner di KC dan peserta melalui media WhatsApp, dan petugas Pandawa (Frontliner) melakukan verifikasi dan konfirmasi data pendukung yang menjadi persyaratan kepesertaan.

“Selain memberikan layanan administrasi, Pandawa juga menyampaikan edukasi dan melakukan survei kepuasan peserta dengan mengisi suara pelanggan yang dikirimkan pada akhir layanan,” kata Erry yang didampingi Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik, Darah Rahimza.

Ia menyebut, untuk pendaftaran pelayanan Pandawa sendiri terdiri dari pendaftaran Baru (PNS dan TNI/Polri), penambahan anggota keluarga, pengaktifan virtual account (VA) kadaluarsa, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi peserta PBPU atau mandiri, ubah data golongan dan gaji (PNS dan TNI/Polri), ubah faskes kesehatan tingkat pertama (TNI/Polri), dan perbaikan data peserta PBI. “Dan terakhir pengurangan anggota keluarga,” imbuhnya.

Meski begitu, BPJS KC Cibinong Kabupaten Bogor masih melakukan pelayanan khusus bagi PBPU kelas 3, PBI, dan pensiunan (BP). “Dan untuk nomor kontak layanan Pandawa itu masyarakat Kabupaten Bogor ini dapat melalui di nomor 0812-1307-0362 mulai dari Senin sampai dengan Jumat dimulai pukul 08.00-15.00 WIB sore,” jelasnya.

Staf Administrasi Kepesertaan pada BPJS KC Cibinong, Riza Pahlefy menambahkan, selain layanan Pandawa yang dimiliki BPJS Kesehatan, juga ada pelayanan melalui mobile customer service (MCS) yang mana jenis pelayanannya antara lain, perubahan data identitas peserta (NIK, nama, tanggal lahir, dan alamat), pencetakan kartu JKN-KIS, dan perubahan faskes tingkat pertama.  Persyaratannya sendiri, fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi BPJS kesehatan,” ungkapnya.

“Selain itu, untuk program pelayanan MCS ini, desa dapat mengkolektifkan berupa fotokopi KK dan fotokopi kartu JKN-KIS lalu diserahkan ke BPJS Kesehatan dengan estimasi pengerjaan 2-3 Minggu setelah itu diserahkan kembali ke desa dengan penukaran kartu asli,” ungkap Riza.

Lebih lanjut ia memaparkan, adapun kanal layanan Chika (Chat Assistant JKN) merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (Chatting) yang akan direspon oleh artificial intelligence (Kecerdasan Buatan).

Dimana, layanan Chika dapat memberikan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, dan lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama, serta lokasi kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang setempat.

“Pendaftaran dan perubahan data peserta yang terhubung dengan aplikasi mobile JKN-KIS. Dapat live chat dengan BPJS Kesehatan care center 1500 400 yang juga dapat menghubungi di nomor WhatsApp atau telegram di 0811-8750-400,” tuturnya.

Sambungnya, adanya layanan Vika (Voice Interactive JKN) dengan memperoleh informasi seputar JKN-KIS, perubahan data kepesertaan, menyampaikan pengaduan/keluhan, pendaftaran peserta PBPU baru, dan informasi data peserta maupun keluarga. “Serta layanan tanya dokter (teleconsuling) dan ini dapat diakses di care center 1500 400 dengan pelayanan selama 24 jam,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles