Ular Sanca Mangsa Ayam di Pekarangan Rumah

0
50

Bogor | Jurnal Inspirasi

Ular sanca batik berukuran 3,5 meter gegerkan warga Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal pada Selasa (24/11) dinihari. Lantaran hewan melata itu ditemukan di pekarangan rumah salah seorang warga bernama Daud (45).

Kepada wartawan, Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kabakaran (Damkar), M. Ade Nugraha mengatakan bahwa saat ditemukan ular tersebut sedang memangsa seekor ayam yang ada di pekarangan tersebut.

“Ular pertama kali ditemukan pada pukul 05.00 WIB oleh pemilik rumah. Saat itu sanca tersebut tengah melilit seekor ayam jago di dalam kandang yang ada di pekarangan,” ujar Ade saat ditemui di kantornya, Selasa (24/11).

Menurut dia, saat musim hujan ular cenderung memasuki pekarangan warga untuk memangsa unggas  atau memangsa hewan peliharaan.

“Itu yang harus diantisipasi oleh warga. Sebaiknya halaman sekitar rumah selalu dibersihkan dan kalau misalkan pagar dipahari jangan sampe ada celah sehingga ular apapun bisa masuk ke pekarangan,” katanya.

Kata Ade, apabila warga menemukan ular dan tak tahu cara menangani segera menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Sebelum menghubungi Damkar jgn diapa-apakan ularnya. Kalau misalkan tak tau apakah ular itu berbisa atau tidak, jangan ditangani sendiri berbahaya lebih baik diamkan saja, jangan sampai masuk ke rumah,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here