25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Evaluasi Akhir Bantuan Sosial Beras Tahun 2020

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kementerian Sosial terus lakukan evaluasi terkait pelaksanaan program Bantuan Sosial Beras.  Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto mewakili Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara membuka secara langsung kegiatan evaluasi akhir program Bantuan Sosial Beras (BSB) tahun 2020 di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, Kabupaten Bogor.

“BSB ini akhirnya telah usai disalurkan. Kondisi geografis dan cuaca menjadi tantangan luar biasa saat penyaluran. Namun, berkat kerjasama dari berbagai pihak dapat selesai tepat waktu. Terima kasih kepada para pendamping PKH, Perum BULOG, serta para transporter yang sudah bersama-sama melancarkan program BSB ini,” jelas Edi Suharto.

Bantuan Sosial Beras (BSB) ini merupakan salah satu program pemerintah yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam menghadapi dampak pandemic covid-19. Dengan memberikan bantuan beras sebanyak 15kg/KPM/bulan selama bulan Agustus – Oktober, pemerintah berharap masyarakat dapat tetap bertahan tanpa kekurangan bahan pangan di tengah masa sulit covid-19.

Dalam proses pelaksanaannya, Kementerian Sosial bekerja sama dengan Perum BULOG, transporter, dan pendamping PKH untuk memberikan layanan terbaik dalam program BSB ini.

Sebanyak 450.000 ton beras akhirnya telah berhasil sampai kepada 10 juta KPM PKH. Kegiatan evaluasi akhir BSB ini digelar sebagai wadah untuk menggali informasi terkait pelaksanaan penyaluran bantuan sosial yang nantinya akan digunakan sebagai _best practice_ dan _lesson learned_ untuk program bantuan sosial di masa yang akan datang.

Pada kesempatan ini pula, semua pihak diharapkan dapat menyampaikan kendala dan solusi sebagai masukan positif untuk bantuan sosial lainnya. Program BSB ini berpengaruh terhadap sektor ekonomi mulai dari penyerapan beras petani dan penguatan sektor jasa transportasi.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi panel narasumber yang diisi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Inspektur Jenderal Kementerian Sosial, Staf Ahli Menteri Sosial bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial, Wakil Direktur Perum BULOG, Direktur Komersial PT. BGR, dan Direktur Utama PT. DNR Logistik.

Dalam kegiatan juga dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Rampung Nasional Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Beras sebagai tanda bahwa program BSB ini sudah selesai dilaksanakan 100%. Penandatanganan dilakukan oleh Perum BULOG, PT.DNR dan PT. BGR disaksikan langsung Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial.

(ton/**)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles