Desa Wates Jaya Masuk Rintisan Wisata Deswita Kabupaten Bogor

0

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Desa Wista (Deswita) Lengkong, Desa Wates Jaya, mendapat kunjungan Kepala Bidang (Kabid) Kemitraan, SDM dan Ekonomi Kreatif, Dinas Parawisata Kabupaten Bogor, Tenny Ramdhani. Dalam kunjungan tersebut dihadiri oleh Kementrian Parawisata, serta dihadiri Kepala Desa Wates jaya, bersama perangkat desa untuk melihat potensi wisata kampung Lengkong yang mana masuk sebagai desa rintisan wisata.

Tenny menerangkan, Dinas Parawisata memiliki program pembinaan kepada pelaku wisata di Kabupaten Bogor agar terus berkembang. Bahkan potensi wisata di Kabupaten Bogor tidak kalah menariknya dengan wisata yang ada di luar negeri.

Menurutnya, keanekaragaman potensi wisata alam dan lainya tidak jauh lebih kalah, bahkan di Indonesia tentunya jauh lebih lebih baik. Salah satu tempat wisata Batu Layang di Indonesia sudah mendapat juara Deswita di tingkat nasional tahun 2018. “Mereka dapat menjaring wisatawan lebih 500 orang dalam satu bulan dan itu baru dua desa, dan desa lain pun sudah namun belum signifikan,” paparnya.

“Makanya semua potensi desa sedang kita kembangkan dan kita terus bina agar menjadi desa wisata berkatagori dari embrio berkembang hingga maju,” ujarnya.

Deswita di Lengkong ini dapat berkembang dengan adanya kerja sama semua stekhoder dari masyarakat, kepala desa, kecamatan, hingga Kabupaten Bogor, sehingga Deswita ini akan menjadi berkembang  mampu menopang kesejahteraan warga masyarakat.

“Deswita disini akan berkembang apabila semua stekholder bisa kerja sama dengan baik, karena potensi wisata di sini sangat baik, cukup menjanjikan. Saya yakin akan ikut menopang kesejahteraan warga masyarakat disini,” paparnya.

Kades Wates Jaya Rudy Irawan mengatakan, potensi wisata Kampung Lengkong, selain aliran sungai yang jernih, juga ditunjang dengan suasana pedesaan yang sejuk, dan indahnya panorama alam.

“Wisata kampung Lengkong cocok bagi warga kota ingin rehat sambil menikmati pemandangan indah, karena disini banyak potensi alam memanjakan mata, seperti air terjun, sungai, sawah dan suasana pegunungan dan perkampungan yang masih asri, ada ciri khas disini yaitu kopinya, kopi asli dari pegunungan Pangrango sehingga cocok untuk tempat istirahat bagi warga kota yang ingin rehat disini,” pukasnya.

** Deny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here