29.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Calon Internal Direksi Perumda Tirta Pakuan Didukung Fraksi PPP

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dukungan terhadap calon direksi Perumda Tirta Pakuan yang berasal dari internal semakin menguat. Kali ini dukungan tersebut datang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bogor. Ketua Fraksi PPP, Zaenul Mutaqin (ZM) mengatakan, pemilihan direksi Perumda Tirta Pakuan ini merupakan hak prerogatif walikota yang mekanismenya melalui seleksi. Namun, pihaknya berharap direksi Perumda Tirta Pakuan itu berasal dari internal.

“Kami berharap direksi ini dari internal, karena sosok dari internal itu yang tahu seluk-beluk perjalanan Tirta Pakuan, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dari eksternal, tapi kembali lagi kepada hasil seleksi dan kewenangan Walikota untuk menentukan itu,” ujar ZM.

Menurut dia, Tirta Pakuan saat ini sudah Perusahaan Umum Daerah yang ada di Kota Bogor, sehingga siapa pun nanti yang akan menjadi direktur utama, direktur umum dan direktur teknik, tentunya harus orang-orang yang kompeten dan kapabel, terutama urusan bisnis air minum. 

“Jadi, orientasi bisnisnya harus lebih kuat di samping pelayanan, kalau urusan teknik sudah pasti itu harus orang dalam yang mengerti,” ujarnya. 

Ia menilai, sejauh ini Tirta Pakuan sudah baik, mulai dari pelayanan hingga keuangan, kemudian juga berkontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejumlah prestasi juga sudah diraih selama ini baik di tingkat provinsi hingga nasional. Tentunya direksi yang nanti terpilih, merupakan orang orang yang mampu memimpin perusahaam agar menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

“Tapi masih ada target-target Tirta Pakuan yang memang belum bisa tercapai dan itu harus difokuskan kembali oleh direksi yang akan datang,” tandasnya.

Terpisah, Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bagi calon direksi dan dewan pengawas (dewas) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor sudah dilaksanakan sejak 10 hingga 13 November. Hasil UKK akan diumumkan pada 17 November 2020. 

“Alhamdulilah secara keseluruhan rata rata kemampuannya sama, dan tinggal menimbang-nimbang dari para calon direksi maupun dewas untuk dipilih memimpin Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, agar mampu membawa kemajuan yang lebih berarti bagi perusahaan dan Kota Bogor,” kata Ketua Pansel direksi dan dewas Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Dedie A Rachim.

Mengenai kriteria untuk direksi kedepan, Dedie mengungkapkan, bahwa direksi harus memiliki integritas, kapasitas mencukupi dan berpengalaman, sehingga bisa membawa Perumda Tirta Pakuan menuju kemajuan yang lebih tinggi, karena capaian kemarin cukup bagus dan baik, dimana Perumda Tirta Pakuan masuk kedalam 5 besar di nasional.

Dengan banyaknya calon internal yang mengikuti seleksi direksi ini, tambah Dedie, merupakan proses regenerasi dan kaderisasi yang berjalan baik di Perumda Tirta Pakuan. Mayoritas dari internal yang mendaftar sangat bagus dan memberikan bukti bahwa kinerja karyawan di Perumda Tirta Pakuan sangat baik.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles