Puskesmas Ciomas Serukan Tepuk Tangan Serentak 56 Detik

0
113

Ciomas | Jurnal Inspirasi

Puskesmas Ciomas memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di tengah pandemi Covid-19 dengan membagikan masker gratis kepada masyarakat dan seruan tepuk tangan serentak 56 detik, Kamis (12/11). “Peringatan (HKN) ini masing-masing dilakukan dengan cara dan versi yang berbeda pada tahun ke tahun. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi, namun tetap diselenggarakan via online (virtual),” ujar Bagian Tata Usaha Puskesmas Ciomas, Khoirul Ummah.

Seperti diketahui, pada 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Kemenkes RI melalui akun Instagram mengajak masyarakat meluangkan waktu pada Kamis, 12 November 2020 pukul 12.00 WIB untuk bertepuk tangan bersama secara serentak selama 56 detik. “Satukan tekad menuju Indonesia sehat. Dengan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita berjuang bersama dan masih terus berjuang. Kini saatnya kita satukan tekad dan semangat untuk Indonesia sehat, berikan tepuk tangan kita untuk seluruh pejuang Covid-19, untuk kita semua.” demikian keterangan unggahan akun Instagram @kemenkes_ri.

Sementara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan di Puskesmas Ciomas mulai berlangsung pada pagi hari pukul 07.00 WIB. Lalu, pada pukul 10.00 WIB dilangsungkan dengan pembagian 750 masker gratis kepada masyarakat wilayah kerja, pasien dan pengunjung. Dan tepat pada pukul 12.00 WIB dilanjut dengan melakukan tepuk tangan serentak selama 56 detik. Segenap jajaran kesehatan lainnya beserta seluruh lapisan masyarakat memperingati kegiatan HKN ini dengan seksama.

“Disini (Puskesmas Ciomas) sekitar pukul 7 pagi acara pembukaan dimulai bersama dinas kesehatan. Seluruh Puskesmas, Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Klinik Swasta, semuanya melakukan pembukaan acara HKN ke-56 pada hari ini. Momen pembagian 750 masker kepada masyarakat wilayah kerja, pasien dan pengunjung sekitar jam 10. Sebagai simboliknya jam 12 siang, kita melakukan tepuk tangan serentak selama 56 detik diikuti dengan bunyi sirine. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto bersama.” ujar Khoirul Ummah.

Dia berharap diselenggarakannya kegiatan HKN ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana pentingnya hidup sehat, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. “Sesuai dengan visi dan misi puskesmas disini, yaitu membuat masyarakat di dalam wilayah kerja puskesmas ini mandiri untuk hidup sehat. Harus tau apa itu sehat, bagaimana menjaga kesehatan, dan harus kemana jika ia mengalami gangguan kesehatan, terlebih di masa pandemi sekarang ini. Itulah yang kami harapkan,” ungkapnya.


** M. Fadhil Mauludi [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here