Gedung MI PUI di Banar yang Nyaris Ambruk Akhirnya Dibangun

0
82

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persatuan Umat Islam (PUI) yang berada di Kampung Banar, RT 02 RW 09 Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung yang sudah lama rusak berat akhirnya dibangun. Sebanyak  lima ruangan berikut kantor seluruhnya sudah rusak, mulai dari plafon, dinding termasuk kayu kayunya terlihat sudah lapuk.

“Semua ruangan ini hampir seluruhnya  sudah mengalami kerusakan, namun yang paling parah ruangan yang biasa digunakan kegiatan belajar kelas lima. Karena anggarannya terbatas maka diutamakan untuk dilakukan pembangunan satu ruangan, yakni ruangan kelas lima,”  kata kepala sekolah MI PUI, Ade Saepudin kepada Jurnal Bogor, Senin (9/11).

Lokasi sedung sekolah itu berada di bibir tebing ditambah sudah lama tidak dilakukan perbaikan. “Maka itu selain pengerjaan ruang kelas, kami kerjakan juga seperti bangunan Tembok Penahan Tanah,”

Berkat dorongan kepala Desa Nanggung, kata dia, alhamdulillah   bantuan  CSR PT Antam Pongkor TBK sudah dialokasikan dan dimanfaatkan untuk membangun sarana pendidikan sekolah madrasah. Dari kelima ruang kelas ini satu ruangan  hari ini telah dilakukan pembangunan. Namun untuk kelanjutan bangunan ruang kelas lainnya belum bisa dipastikan waktunya, lantaran pihaknya belum memiliki dana untuk kelanjutan pembangunan tersebut.

“Sebabnya anggaran pembangunan yang  dibutuhkanya sangat besar sehingga masih membutuhkan bantuan pihak lainnya, termasuk dari pemerintah setempat. Bantuan  pemerintah ini yang kami harapkan untuk kelanjutan pembangunan lantai berikutnya, sehingga empat  ruang kelas berikutnya pembangunannya bisa terwujud,” tutur Ade.

Sebelumnya Ade menyatakan kondisi bangunan yang sudah tua membuat dirinya khawatir sewaktu waktu akan roboh. Pihaknya mengaku MI PUI ini sudah berdiri sejak tahun 1950  dan pernah direhab ringan pada  2009 lalu.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here